November 4, 2011

Bulan Bahasa: Televisi Pengaruhi Bahasa Siswa

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Para siswa saat ini cenderung mengenal dan mempergunakan bahasa gaul dibanding bahasa Indonesia.

“Hal ini akibat pengaruh dari tontonan televisi yang lebih banyak menyajikan tayangan dengan beragam bahasa, terutama bahasa gaul yang justru cenderung kasar,” kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung M. Muis di sela-sela lomba puisi se-Lampung yang digelar di Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Kamis (3-11).

Menurut dia, siswa dengan mudahnya meniru kata-kata gaul tersebut, walaupun itu sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan anak.

Ini merupakan tantangan bagi masyarakat, dan bagi para pendidik secara khusus. “Para pendidik bertugas mencerdaskan siswa dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam bahasa dan sastra,” kata dia.

Muis pun berharap peran serta dari media untuk mendukung kegiatan peningkatan pengetahuan akan bahasa dan sastra.

Terkait dengan hal itu, sekaligus menyambut Bulan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan program Gemarame (Gemar Membaca Rajin Menulis) untuk siswa SD, SMP, dan SMA se-Lampung.

Kantor Bahasa sebagai UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Lampung melaksanakan kegiatan ini bersama 29 UPT di 29 provinsi lain di Indonesia (ada 30 UPT).

Kegiatan ini meliputi lomba menulis surat untuk Mendikbud bagi siswa SD pada 2 November, lomba membaca puisi bagi siswa SMP (3-11), dan lomba membaca cerpen bagi siswa SMA hari ini (4-11).

Ketua pelaksana lomba membaca puisi, Tri Wahyuni, mengatakan penilaian dewan juri meliputi beberapa hal, yaitu penghayatan, penampilan, intonasi, dan mimik wajah. Ketepatan siswa dalam memilih intonasi suara dan mimik wajah yang sesuai dengan kata-kata puisi tersebut merupakan penilaian penting.

Tiga puisi yang akan dilombakan, yakni Seseorang di Jalan Karya Isbedy Stiawan, Perempuan itu Menggerus Garam karya Goenawan Moehamad, dan Aku karya Chairil Anwar.

Juara I diraih oleh Tutut Indah Parwati dari SMPN 1 Tegineneng, juara II Sri Iyasah dari MTs Nurul Falah Tanggamus, juara III Wike Feby (SMPN 1 Gadingrejo), juara IV Gading Khairunisa (SMPN 16 Bandar Lampung), juara V Zakia Prajani (SMPN 4 Bandar Lampung), dan juara VI Ramadani Firmanda (SMPN 8 Bandar Lampung).

Dalam lomba ini dipilih seorang peserta yang dinobatkan sebagai juara berbakat, yaitu Fitri Nur dari SMP Alkautsar. (MG4/S-2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 4 November 2011

No comments:

Post a Comment