March 29, 2008

VLY 2009: Event Wisata Prakondisi Perlu Digelar

BANDAR LAMPUNG (Lampost/Ant): Untuk mendukung sukses program Visit Lampung Year (VLY) 2009, dinas terkait diminta segera mengagendakan dan mempersiapkan sejumlah event kegiatan pariwisata dari sekarang sebagai prakondisi untuk dapat meraih target dua juta kunjungan wisatawan ke Lampung, kata Ketua Yayasan Wisata Alam Lampung (Yawisal) Sibli Rais.

"Tapi hingga sekarang belum terlihat aksi untuk mempersiapkan sejumlah kegiatan wisata dalam VLY 2009," kata Sibli di Bandar Lampung, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan target dua juta wisatawan mancanegara maupun domestik itu dapat terpenuhi, asalkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung gencar mempromosikan objek-objek wisata yang ada dari sekarang.

Anggota DPRD Bandar Lampung ini menyarankan Pemprov Lampung selain harus gencar mempromosikan objek wisata unggulan daerahnya, juga harus bisa memanfaatkan kerja sama dengan pihak lain untuk membantu mengenalkan sejumlah tempat wisata yang ada di sini.

Sejumlah pihak yang perlu digandeng untuk mengenalkan objek wisata di Lampung itu, antara lain Pengusaha Hotel Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Tour and Travel (Asita), Himpunan Pemandu Indonesia (HPI), dan Persatuan Usaha Taman Hiburan Rakyat (Putri).

Sibli Rais mengingatkan umumnya wisatawan khususnya dari mancanegara menginginkan kedatangan mereka dapat melihat langsung ajang pariwisata yang tidak bersifat seremonial tapi bersifat natural.

Visit Lampung Year 2009 atau Tahun Kunjungan Lampung 2009 menargetkan sekitar 10 ribu wisatawan mancanegara (wisman) untuk melihat secara langsung objek wisata maupun budaya daerah Lampung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwiasata Provinsi Lampung, Tibrizi Asmarantaka, mengatakan target wisatawan pada VLY 2009 mencapai total dua juta orang, sebanyak 10 ribu di antaranya wisatawan mancanegara.

Ia menyebutkan pada 2007 lalu kunjungan wisatawan asing maupun domestik mencapai 1,2 juta orang, dan diharapakan pada tahun kunjungan Lampung ini mencapai dua juta wisatawan.

Menurut dia, wisatawan asing yang datang ke Lampung, sangat menggemari keindahan Gunung Anak Krakatau dan kawasan yang memiliki fauna (hewan) liar langka, seperti badak sumatera di Way Kambas, Lampung Timur.

Pada 2007 lalu, jumlah wisman yang mengunjungi Lampung sekitar 10.000 orang.

Provinsi Lampung masih mengandalkan empat kegiatan pariwisata yang juga merupakan agenda nasional pada Visit Indonesia Year (VIY) 2008, yakni Festival Bandarlampung Begawi, Festival Teluk Stabas, Festival Krakatau, dan Festival Way Kambas. n K-1

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 29 Maret 2008

No comments:

Post a Comment