September 19, 2013

Disbudpar Lantik Saka Pariwisata

PAHOMAN (Lampost): Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Lampung melantik 25 pengurus majelis pembimbing saka dan pimpinan satuan karya pramuka pariwisata tingkat daerah Lampung masa bakti 2010?2015. Diharapkan, pembentukan saka pariwisata ini menjadi wadah pembentukan pramuka yang memiliki keterampilan di bidang pariwisata sebagai pemandu atau penyuluh wisata.

Kepala Disbupar Lampung Masri Yahya mengatakan pelantikan yang digelar di aula Disbudpar Lampung, kemarin (18-9) itu, memang sudah ditunggu dan disiapkan tiga bulan sebelumnya karena Lampung merupakan salah satu dari sembilan daerah yang menjadi dasar terbentuknya saka pariwisata nasional.


Namun, baru dilaksanakan sekarang setelah Disbudpar memiliki minimal lima saka pariwisata tingkat kabupaten/kota. ?Saat ini, kami sudah membentuk lima saka pariwisata kabupaten/kota, yaitu Lampung Timur, Pringsewu, Tulangbawang, Way Kanan, dan Lampung Selatan," kata Masri.

Dia menambahkan Disbudpar saat ini sedang menggalakkan potensi pariwisata Lampung, mengingat tingkat kunjungan wisawatan ke Lampung hanya 1,4 orang per hari. Diharapkan bisa meningkat untuk menarik wisawatan tinggal di Lampung 2?3 hari.

?Saka pariwisata diharapkan menjadi bagian efektif dan bermanfaat bagi dunia pariwisata Lampung. Karena itu, bagi yang dilantik diharapkan terbentuknya pramuka terampil di bidang wisata apalagi 19 Oktober mendatang kita akan menggelar Festival Krakatau 2013,? ujarnya.

Ketua Pengurus Pramuka Lampung Sjachrazad Z.P. menuturkan nantinya saka pariwisata ini dapat menunjang pariwisata yang bisa diandalkan sebagai guide dan promotor wisata Lampung.

?Bekerja sama dengan kwarda Lampung, nanti ada program kerja keterampilan khusus untuk pemandu wisata. Nanti ada pelatihan dan workshop-nya juga termasuk untuk penyuluh wisata agar masyarakat lebih sadar akan wisata di Lampung,? kata Sjachrazad. (CR7/K1)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 19 September 2013 

No comments:

Post a Comment