November 29, 2013

MGMP Bahasa Indonesia SMP Berlatih Menulis

MUSYAWARAH Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pesawaran mengadakan pelatihan penulisan artikel dan opini. Pelatihan diadakan pada Kamis (28/11) 2013. Pelatihan ini hanya diperuntukkan anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan pelatihan dibuka pukul 09.00 oleh Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pesawaran Nur Fasila. Hadir pada kegiatan tersebut 30 guru Bahasa Indonesia dari 15 SMP/MTs di Pesawaran. Pelatihan penulisan artikel dan opini mengundang redaktur opini dan budaya Lampung Post Zulkarnain Zubairi, yang lebih akrab disapa Udo Z. Karzi.


Menurut Nur Fasila, pelatihan penulisan bertujuan memberikan wawasan pada guru-guru Bahasa Indonesia SMP di Pesawaran tentang bagaimana menulis artikel dan opini. Apakah kriteria-kriteria penulisan artikel/opini untuk dipublikasi di media massa dan bagaimana kiat-kiat menulis artikel atau opini.

"Menulis artikel di jurnal ilmiah merupakan tugas berat bagi guru-guru yang kurang tertarik untuk melakukan penelitian. Menulis artikel atau opini untuk publikasi di media massa dipandang sebagai pelatihan yang menarik untuk diiikuti dan tidak terlalu menjadi beban mental dalam menulis, jika dibandingkan dengan menulis artikel untuk jurnal ilmiah," kata Nur Fasila.

Tidak menutup kemungkinan, guru Bahasa Indonesia SMP di Pesawaran memiliki tulisan-tulisan yang menarik untuk dipublikasikan. Di antara peserta ada yang memiliki koleksi puisi hasil karya guru tersebut. Ada pula guru yang mengekspresikan ide/pikirannya dalam bentuk cerpen atau esai.

Akses untuk ke arah tersebut terkadang yang belum diketahui oleh para guru. Kesempatan baik pada pelatihan penulisan artikel dan opini guru-guru Bahasa Indonesia SMP Pesawaran untuk banyak bertanya tentang materi pelatihan.

Zulkarnain Zubairi mengatakan guru Bahasa Indonesia mempunyai potensi untuk mengembangkan kemampuan untuk menulis di media massa, baik artikel maupun karya sastra. "Akan bagus sekali kalau guru bisa memberi contoh tulisan yang baik kepada peserta didik," ujar dia. (CR13/S2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 29 November 2013

No comments:

Post a Comment