June 25, 2007

Pariwisata: Festival Radin Djambat Ke-2

[WAY KANAN] Festival Radin Djambat ke-2 digelar di Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung, 21 hingga 26 Juni 2007. Dalam festival itu digelar pawai budaya, pameran pembangunan, dan pencanangan kampung wisata Gedung Batin.

Festival Radin Djambat ke-2 yang juga sudah menjadi agenda tahunan ini dibuka Sekretaris Jenderal Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwanda dan Bupati Way Kanan Tamanuri. Tercatat 14 kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. Suguhan yang mengikuti festival budaya ini.

Sekjen Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sapta Nirwandar, secara resmi membuka festival Radin Djambat ke-2. (sp/ruht semiono)


Festival dibuka dengan tarian Singeh Penguten yang merupakan tarian pembuka sebagai tanda penghormatan dan ucapan selamat datang bagi para tamu agung.

Pawai budaya yang menampilkan ciri khas dari setiap kecamatan menjadikan Way Kanan juga mempunyai tradisi tersendiri. Pawai budaya di antaranya menampilkan beragam pakaian adat Lampung. Munculnya parade pakaian adat untuk pernikahan, kesenian kuda lumping, campur sari, dan banyak lainnya yang juga meramaikan acara.

Festival Radin Djambat ke-2 dimerihkan berbagai atraksi kesenian. (sp/ruht semiono)

Festival Radin Djambat ke-2 juga semakin meriah dengan pelaksanaan Pameran Pembangunan Kabupaten Way Kanan. Beragam hasil dan potensi yang ada di Way Kanan ditampilkan. Panitia dengan tujuan untuk mendorong terbukanya pengembangan wilayah. Selain dua kegiatan tersebut dalam festival ini juga dicanangkan kampung wisata.

Kampung wisata itu terletak di Gedung Batin. Masyarakat kampung Gedung Batin merupakan kelompok masyarakat tertua di Kabupaten Wau Kanan yang ada sejak zaman Belanda. Untuk menjadikan Gedung Batin menjadi kampung wisata yang nyaman bagi wisatawan tentu saja diperlukan berbagai pembenahan yang serius. [Rht/A-14]

Sumber: Suara Pembaruan, Senin, 25 Juni 2007

1 comment:

  1. good festival, Muli Mekhanai way Kanan selalu mendukung festivsl Radin Jambat. good job to guvermen of Way kanan Distric!!!

    ReplyDelete