June 23, 2007

Pariwisata: Depbupar Dukung Festival Radin Djambat II

BANDAR LAMPUNG (Media): Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) menyambut gembira kegiatan Festival Radin Djambat II di Way Kanan, Lampung. Pasalnya, festival itu akan menarik para wisatawan mancanegara dan investor.

Hal itu disampaikan Sekjen Depbupar Sapta Nirwandar saat membuka Festival Radin Djambat II di Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung, Kamis (21/6). Pada pembukaan festival yang digelar selama tiga hari itu dihadiri Bupati Way Kanan Tamanuri, Wakil Bupati Bustami Zainuddin, dan Kepala Dinas Promosi, Investasi, dan Pariwisata Suresmi Ramli.

Lebih lanjut Sapta menyatakan dukungan digelarnya Festival Radin Djambat II. Apalagi, katanya, daerah Kabupaten Way Kanan memiliki pesona menarik seperti daerah pegunungan, hutan, sawah, perkebunan, dan kawasan agrobisnis.

"Oleh karena itu, festival ini akan kita promosikan. Kita sekarang memiliki 100 event (festival) di seluruh Indonesia. Untuk kegiatan festival di Lampung, Depbudpar akan membantu untuk mempromosikan ke tingkat internasional," katanya.

Sapta menilai Festival Radin Djambat yang memfokuskan pada aspek kebudayaan masyarakat dan kearifan lokal diharapkan mampu mendorong masuknya wisatawan mancanegara. "Mereka diharapkan dapat menikmati keindahan alam Way Kanan, seperti air terjun, perkebunan agrobisnis, serta keunikan perkampungan dan desa wisata di Way Kanan."

Depbudpar, tambah Sapta, akan mendukung setiap langkah dan upaya Pemda Way Kanan meningkatkan pengelolaan destinasi wisata dan aset warisan budaya menjadi objek daya tarik wisata yang atraktif dengan pendekatan profesional.

Sementara itu, Bupati Way Kanan Tamanuri menyatakan Festival Radin Djambat II sengaja dirangkai dengan pameran pembangunan Pemda Way Kanan. Tujuannya, selain menarik wisatawan juga menarik para investor untuk datang ke Way Kanan. (IH/H-2).

Sumber: Media Indonesia, Sabtu, 23 Juni 2007

No comments:

Post a Comment