May 16, 2008

Kriminalitas di Lampung: Kejahatan Berawal dari Kemiskinan

-- Wisnu Aji Dewabrata dan Helena F Nababan

NAMA Kecamatan Jabung sudah pasti tidak setenar Taman Nasional Way Kambas, meskipun keduanya terletak di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Sayangnya, jika Way Kambas terkenal akan gajahnya, Jabung belakangan terkenal karena hal-hal yang negatif terkait dengan tindakan kriminalitas warganya.

Kondisi permukiman warga yang sangat sederhana di Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Minggu (4/5). Kemiskinan di daerah tersebut menyebabkan sebagian warga merantau ke Jawa dan ada yang menjadi pelaku kriminalitas. (KOMPAS/WISNU AJI DEWABRATA)

Belakangan, banyak penjahat yang tertangkap di Jawa atau daerah lain di Sumatera mengaku dari Lampung Timur atau Jabung. Akibatnya, Jabung dicap sebagai daerah ”hitam” yang menghasilkan pelaku kriminalitas.

Bahkan, saat Kompas merencanakan perjalanan jurnalistik untuk melihat langsung kondisi daerah Jabung, banyak yang berpesan agar berhati-hati. Pasalnya, untuk pergi ke Jabung disarankan jangan naik sepeda motor, apalagi pada malam hari. Sepeda motor merupakan sasaran empuk para begal. Selain itu, jangan keluyuran di Jabung sendirian, carilah teman yang juga warga Jabung asli.

Ketika sampai di Jabung, ternyata kondisi di daerah tersebut tidak seseram yang diceritakan orang. Jalan menuju Jabung lumayan mulus meskipun sempit dan minim penerangan. Suasana di Jabung tak berbeda dengan suasana pedesaan umumnya, yaitu deretan rumah panggung gaya Lampung di pinggir jalan utama yang diselingi kebun lada, jagung, durian, dan lain-lain.

Tujuan pertama adalah rumah salah satu tokoh masyarakat sekaligus tokoh adat Jabung bernama Ismail Umar yang bergelar Pangeran Is. Lewat seorang penghubung, Pangeran Is sudah mengetahui maksud kedatangan Kompas.

Setelah beramah-tamah dan beberapa kali mengembuskan asap rokok, Pangeran Is mengakui wilayah Jabung sejak lama dikenal rawan kriminalitas dan sejumlah warganya menjadi pelaku kriminalitas.

”Semua itu karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap Jabung. Jabung jarang disentuh pembangunan. Padahal untuk mengurangi kriminalitas, cukup dengan membuka lapangan pekerjaan di Jabung,” kata Pangeran Is.

Menurut Pangeran Is, di sekitar Jabung terdapat dua perusahaan yang cukup besar, tetapi keduanya hanya membuka sedikit kesempatan kerja bagi pemuda Jabung. Karena menganggur dan salah bergaul, akhirnya pemuda-pemuda Jabung terlibat kriminalitas.

”Kriminalitas merupakan bentuk kekecewaan terhadap pemerintah dan terdesak kebutuhan ekonomi. Di sini sarana kesehatan minim, dokter hanya dua jam di puskesmas. Membuat KTP saja perlu waktu enam bulan,” kata Mustofa, pemuka adat di Jabung.

Mustofa mengungkapkan, potensi kriminalitas bisa meningkat karena luas lahan pertanian dan perkebunan di Jabung yang berstatus tanah ulayat makin sempit. Ini disebabkan adat istiadat Lampung, yaitu membeli gelar adat, yang membutuhkan banyak uang. Warga terpaksa merelakan tanah demi membiayai upacara adat.

Cap sebagai daerah penghasil pelaku kriminalitas ternyata membuat warga Jabung gerah. Kata Mustofa, para pelaku kriminalitas yang tertangkap boleh saja mengaku dari Jabung, tetapi mereka belum tentu warga Jabung asli. Menurut Mustofa, karena cap Jabung yang buruk, setiap penjahat asal Lampung pasti disebut dari Jabung.

Disebut ”pemain”

Faktor terdesak kebutuhan ekonomi yang membuat warga Lampung Timur menjadi pelaku kriminalitas dibenarkan oleh salah satu pelaku kriminalitas antarnegara yang ditemui Kompas di Sukadana, ibu kota Kabupaten Lampung Timur.

Pria tersebut bernama Wawan (bukan nama sebenarnya), umurnya sekitar 35 tahun, berbadan tegap, dan tinggi sekitar 170 sentimeter. Melalui seorang penghubung, Kompas dapat melakukan wawancara dengan Wawan di rumahnya.

Wawan mengungkapkan, para pelaku kriminalitas dari Lampung Timur, yang sering disebut ”pemain”, tidak hanya beraksi di Indonesia, tetapi sampai ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Kolombia, bahkan Rusia.

Wawan kembali menegaskan pernyataan Pangeran Is dan Mustofa bahwa kemiskinan merupakan biang keladi munculnya pelaku kriminalitas dari Lampung Timur. Wawan mengatakan, pemerintah harus menyadari penyebab munculnya pelaku kriminalitas dari Lampung Timur.

Menurut Wawan, para pemain yang beraksi di luar negeri sebenarnya merupakan aset Lampung Timur. Mereka adalah orang yang memiliki kecerdasan tinggi, tetapi memanfaatkan kelebihannya untuk kejahatan karena tidak ada lapangan pekerjaan.

”Para pemain dari Lampung Timur yang pergi ke luar negeri biasanya terlibat perampokan, pencurian, atau menjadi pembunuh bayaran. Hasil kejahatan di luar negeri dibawa pulang untuk mendirikan usaha,” kata Wawan.

Kehebatan para pemain dari Lampung Timur di luar negeri sudah teruji, bahkan mirip mafia karena terorganisasi. Kata Wawan, para pemain antarnegara dari Lampung Timur sangat pandai menghilangkan jejak. Para pemain menganggap jadi buronan polisi sebagai kegagalan. Mereka yang dikejar polisi biasanya tidak akan pulang ke kampung atau memilih bunuh diri karena aib.

”Para pemain antarnegara terdiri dari ’tukang gambar’ dan eksekutor. Tukang gambar bertugas memetakan sasaran dan lokasi selama dua tahun, setelah itu tugas eksekutor yang akan beroperasi selama lima tahun,” kata Wawan.

Untuk menghindari pelacakan polisi, para pemain tidak langsung menuju negara sasaran, tetapi berpindah dari satu negara ke negara lain. Ada pula yang berkedok sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).

Keinginan melepaskan diri dari kemiskinan, kata Wawan, menyebabkan orang-orang di Lampung Timur memilih risiko terberat, yaitu kematian. Sanak saudara tidak menyesali anggota keluarga yang mati sebagai pemain. Menurut Wawan, selama tahun 2002 ada 70-an peti mati dari Jawa dikirim ke berbagai daerah di Lampung. Isinya jenazah para pemain yang ditembus peluru aparat.

Kepala Polres Lampung Timur Ajun Komisaris Besar Dedi Jumadi membenarkan bahwa wilayahnya memiliki stereotip sebagai kawasan menakutkan. Budaya masyarakat yang saling melindungi ikut mendukung suburnya kriminalitas.

”Susah mendapat informasi tentang pelaku kriminalitas di Lampung Timur karena mereka dilindungi tetangganya. Jangan menangkap tersangka di desanya, tangkap di luar desanya. Informasi keberadaan tersangka harus jelas,” kata Dedi, yang pernah mengerahkan 200 polisi hanya untuk merazia minuman keras di sebuah desa di Lampung Timur.

Menurut Dedi, ada dua macam pelaku kejahatan dari Lampung Timur. Pertama, pelaku kejahatan lokal yang melakukan kejahatan hanya untuk foya-foya sesaat. Biasanya pelaku adalah remaja belasan tahun. Kedua, pelaku kejahatan di luar Lampung Timur yang melakukan kejahatan sebagai profesi.

Fenomena kejahatan dikatakan Dedi sebagai fenomena gunung es yang terapung di air. Jika bagian puncak dikikis, bagian bawah yang lebih besar justru akan muncul ke permukaan.

”Untuk menangani kriminalitas tidak bisa hanya dengan menyikat habis pelakunya. Faktor lain yang mendorong orang berbuat kriminal harus diperhatikan,” ujarnya.

Kemiskinan dan kriminalitas saling terkait seperti lingkaran setan. Kriminalitas bukan sebab, tetapi akibat dari kemiskinan. Kriminalitas terbukti bisa menjadi budaya yang dianggap lumrah oleh masyarakat.

Warga di Jabung ataupun di Sukadana sudah menjerit bahwa kemiskinan menyebabkan banyak generasi muda mereka menjadi pelaku kriminalitas. Bahkan pelaku kriminalitas pun mengakui bahwa kemiskinan adalah biang keladi.

Pemerintah harus menyadari bahwa kemiskinan menjadi pendorong yang luar biasa terhadap meningkatnya kriminalitas. Pemerintah harus bertindak nyata mengatasi kemiskinan, jangan sampai penduduk miskin di negeri ini memperoleh pembenaran untuk menjadi ”pemain”.

Sumber: Kompas, Jumat, 16 Mei 2008

12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang rawan nya gak ketulungan gan ( januari 2014), penyakit begal kadang reda kadang kambuh. mungkin waktu jurnalis survei pada saat reda, sebab redanya mungkin terdengar akan ada penggrebekan dari aparat.kejahatan begal disana seperti sudah terstruktural terorganisir dimana para kelompok tersebut selalu memantau situasi gerak gerik pihak polisi.jika merasa aman para pelaku beraksi. coba jika ada yg berani masuk wilayah jabung naik motor masuk ke wilayah desa desa mumbang jaya, beteng sari, adirejo adi luhur, gunung mekar. dan wawancarai penduduk sekitar situ. miriss banget seram nya. NB : jgn masuk polsek setempat, langsung saja ke masyarakat dan gali informasi sebanyak banyak nya.

      Delete
  2. Terlalu mudah bagi polisi dan tni jika serius menangani kejahatan... apalagi kejahatan masyarakat yg berbasis kenakalan remaja fan ikut2an... ini hanya butuh keseriusan... ini bukan texas bro...

    ReplyDelete
  3. Anonymous4:39 PM

    nggak nyampe lagi ke kolombia dan russia, paling jauh malaysia

    ReplyDelete
  4. KEJAHATAN BERAWAL DARI NIAT, KEMISKINAN BERAWAL DARI MALAS !!!!!!!

    ReplyDelete
  5. Kalau naik mobil aman gak kira2, soalnya saya punya niatan wisata ke way kambas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mobil aman aman saja.. Asal jangan malm aja bang

      Delete
  6. Hal itu berawal dari hal yg lebih mendasar. Yaitu karena KEMALASAN dari individunya. Jangan salahkan pemerintah yang tak memberi pekerjaan, tanpa pemerintah pun bisa, cukup dengan menjadi buruh harian dilampung pun bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari hari. Jangan maunya minta kerja enak hidup enak. Semua berawal dari kesusahan dan yg pastinya harus halal. Bukan kah diagam sudah dijelas kan dengan gamblang.

    ReplyDelete
  7. miskin jd alasan emg dasar warganya aja byk pemalas.. daerah laen jg masih byk yg miskin tp masih bermatabat.. daerah aneh kriminal kok bangga..

    ReplyDelete
  8. di wacana mngatakan ada 2 perusahaan besar tp pemuda di kampung sekitar sdikit. ,,''jelas aja sdikit prusahaan mana yg mau punya pegawai susah di atur.!!,sllu kontra dgn peraturan.!,malas abis

    ReplyDelete