May 24, 2008

Way Lalaan Ikon Pariwisata Tanggamus

KOTAAGUNG (Lampost): Untuk menyukseskan Visit Indonesia Year, Dinas Pariwisata Kabupaten Tanggamus menjadikan lokasi wisata Way Lalaan sebagai ikon pariwisata di daerah ini.

Plt. Kadis Pariwisata Tanggamus Bahagia Saputra membenarkan kemarin. Selain akan dikembangkan konsep wisata terpadu yang akan menjual seluruh daerah dan potensi wisata yang ada di Tanggamus, air terjun Way Lalaan akan dijadikan merek dagang yang bukan hanya untuk Provinsi Lampung, melainkan juga untuk tingkat regional dan nasional.

Karena keunggulan yang dimiliki kabupaten Tanggamus di bidang pariwisata menurutnya sangat menjanjikan. Tanggamus merupakan daerah wisata dengan konsep alam (bukan buatan manusia, red) sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi. Ini jika dikaitkan dengan tren yang berkembang kembali ke alam menjadi pilihan wisatawan terutama dari mancanegara.

Di Kabupaten Tanggamus, potensi wisata yang dimiliki dan sangat menjanjikan untuk dikemas dalam suatu paket wisata. Di antaranya wisata pegunungan, wisata bahari, dan wisata alam.

Tak heran karena Tanggamus memiliki gunung, lembah dan laut serta lokasi wisata air terjun, air panas, dan pantai yang indah.

Ia tidak menyangkal jika dikatakan potensi wisata di Tanggamus dibiarkan tertidur. Beberapa kendalanya karena kurangnya anggaran untuk mengelola kawasan wisata dimaksud, selain memang tidak pernah disentuh tangan-tangan terampil di bidang kepariwisataan.

Untuk itu, selain akan dikembangkan dengan konsep terpadu juga akan dicarikan investor untuk pengembangannya, dan pengelolaannya akan dilakukan secara profesional.

Bahagia menambahkan dalam waktu singkat pihaknya akan melakukan pembenahan lokasi wisata sambil melakukan ekspose dan promosi berkesinambungan terutama kepada biro-biro perjalanan wisata. n */D-2

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 24 Mei 2008

No comments:

Post a Comment