May 19, 2008

Seni: SMAN 11 Juara Pertama Musikalisasi Puisi se-Sumatera

BANDAR LAMPUNG(Lampost): Tim SMAN 11 Bandar Lampung berhasil membawa kemenangan bagi Provinsi Lampung pada festival musikalisasi puisi tingkat SMA se-Sumatera 2008.

Tim itu terdiri atas Linda Lestari, Septi Rahayu, Retno Kusuma P., Rizki Kurniaawan, Rizki Ramadhan, dan Edi Suhaidi. Tim membawakan puisi Ia akan Mengecupmu karya Isbedy Stiawan Z.S. Enam siswa SMAN 11 tersebut berhasil memukau juri dan penonton festival yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Sabtu (17-5).

Sedangkan juara II jatuh kepada Provinsi Jambi, dan juara III diraih Sumatera Barat. Juara harapan I diraih Sumatera Selatan, dan harapan II diraih Nangroe Aceh Darusalam.

Pendamping SMAN 11 Bandar Lampung, Ahmad Jusmar, mengatakan anak didiknya memang menampilkan performa terbaik. Walaupun pada penilaian, juri memberikan kritikan kecil, tim tersebut berhasil membawa kemenangan bagi Lampung.

Ahmad menjelaskan terdapat lima kriteria penilaian pada festival dengan tim juri yang terdiri dari Fredie Arsi (pengasuh Teater Matahari Jakarta), Ari Pahala Hutabarat (penyair Lampung), dan Rusly Sukur (penggiat seni Taman Saburai Bandar Lampung) itu.

Kelima kriteria itu ialah penafsiran puisi, komposisi musikal, harmonisasi atau keselarasan, vokal, dan penampilan.

Puisi yang dibawakan Linda Lestari dengan iringan musik yang didominasi alat tradisional Lampung itu mampu memukau ketiga juri. Menurut Ahmad, selain rebana, mereka juga memasukkan unsur musik Melayu pada pembukaan.

"Anak-anak (tim SMAN 11, red) menemukan sendiri bunyi alat tradisional itu, lalu muncullah harmoni yang dapat dipadukan dengan alat musik modern seperti gitar sehingga timbul perpaduan yang sangat unik pada musik pengiring puisi itu," kata dia.

Menurut Ahmad, adanya harmonisasi musik dan puisi itu menjadi penilaian khusus juri bagi anak didiknya. Selain itu, interpretasi teks puisi yang dapat disampaikan dengan lugas juga menambah poin lebih bagi tim dengan kostum hitam putih itu.

"Walaupun juri mengatakan mereka masih belum rileks, kemenangan dapat kami raih," kata guru Seni Budaya di SMAN 11 Bandar Lampung. n */K-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 19 Mei 2008

No comments:

Post a Comment