March 15, 2010

Sastra: Pengalaman Syarat Jadi Penulis Andal

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pengalaman yang banyak dengan perspektif yang luas nerupakan salah satu syarat menjadi penulis andal.

Ketua Umum Forum Lingkar Pena (FLP) Pusat yang juga novelis, Izzatul Jannah, mengemukakan itu dalam Seminar Kepenulisan bertema Dengan sastra mengukir dunia yang digelar FLP Lampung di aula Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Minggu (14-3).

Izzatul Jannah mengatakan dengan memiliki banyak pengalaman, seorang penulis akan mudah merangkai kata saat menyelesaikan karya fiksinya. Penulis juga akan mudah menemukan alur dan tepat menentukan diksi dalam karyanya.

Izzatul menuturkan pengalaman yang banyak membantu penulis menguraikan cerita yang logis. Sebab itu, pengalaman adalah hal mutlak agar penulis punya banyak perspektif.

"Kalau ada tawaran melakukan suatu hal yang baru, ambil. Sebab, itu akan berguna memperkaya bahan yang akan kita tulis," kata penulis yang punya nama asli Setiawati Intan Savitri.

Izzatul menambahkan selain pengalaman, penulis juga harus sensitif terhadap diri dan lingkungan. Penulis yang baik harus skeptis dengan sesuatu yang tidak berjalan pada relnya.

"Kalau ada yang tidak sesuai dengan aturan atau penyimpangan, penulis harus bergegas menanggapinya dengan menulis hal yang ideal," kata dia.

Acara seminar itu dilanjutkan dengan pelantikan pengurus FLP masa bakti 2010-2012 yang diketuai Agus Utomo.

Pelatihan Jurnalistik

Sementara itu, Redaktur Opini dan Budaya Lampung Post Zulkarnain Zubairi saat menjadi pembicara pada Diklat Jurnalistik di STKIP PGRI mengatakan satu-satunya cara untuk menjadi penulis andal adalah rajin menulis. "Bisa dipastikan seorang penulis itu seorang kutu buku atau mereka yang gila membaca," kata dia di hadapan 90-an peserta diklat jurnalistik di Gedung C STKIP PGRI, Minggu (14-3).

Menurut Zulkarnain, menulis sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit, asalkan rajin belajar dan selalu menggunakan kesempatan yang ada untuk membaca dan kemudian menuliskannya kembali. Maka, siapa pun bisa menjadi penulis andal.

Ketua Pelaksana Pelatihan Jurnalistik STKIP PGRI Bandar Lampung Deby Pramono mengatakan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan minat sebagai penulis di kalangan mahasiswa. "Kami mengundang narasumber dari Lampung Post sebagai pembicara dan dari IBI Darmajaya untuk memberikan pelatihan mengenai lay out," kata dia.

Dengan demikian diharapkan usai mengikuti pelatihan peserta bisa menjadi penulis dan mengerti bagaimana menyiapkan sebuah penerbitan. (UNI/S-1)

Sumber: Lampung Post, Senin, 15 Maret 2010

No comments:

Post a Comment