March 12, 2012

Sulaman Usus: Karya Aan Ibrahim Dipakai Miss Universe

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Busana khas Lampung, sulaman usus, kini mulai dikenal di tingkat nasional dan internasional. Sehingga, hasil karya putra-putri terbaik Provinsi Lampung (Aan Ibrahim dan Rahayu) mendapat penghargaan dari Museum Tekstil Indonesia sebagai salah satu warisan budaya Nusantara yang harus dilestarikan.

"Ini penghargaan yang sangat surprise bagi Bandar Lampung. Terlebih, sulaman usus yang dihasilkan perajin adalah binaan Dekranasda Kota Bandar Lampung," kata Ketua Dekranasda Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Herman H.N. kemarin.

Sulaman usus rancangan Aan Ibrahim sebenarnya sudah lama dikenal. Bahkan, Putri Indonesia tahun 2006 Agni Pratistha memakai baju sulaman usus karya Aan Ibrahim saat menerima mahkota putri kecantikan itu.

Yang lebih membanggakan, Miss Universe 2006 dari Poerto Riko, Zulyka Rivera, juga mengenakan busana yang sama saat menyematkan mahkota kepada pemenang Putri Indonesia saat itu.

"Prestasi ini yang harus kita pertahankan agar ke depan sulaman usus dan tapis Lampung menjadi pakaian wajib di ajang nasional apa pun. Bila perlu, kita terus promosi ke tingkat dunia," kata Eva.

Menurut dia, sebenarnya tidak hanya sulaman usus yang masuk Museum Tekstil Indonesia, tapi juga ada tapis yang lebih dulu sudah dikenal banyak orang, baik nasional maupun internasional. "Tapi, kita patut bangga, hasil kerja keras Dekranasda mempromosikan sulaman usus ke tingkat nasional dan internasional kini membuahkan hasil," ujar dia. (VER/K-2)

Sumber: Lampung Post, Senin, 12 Maret 2012

No comments:

Post a Comment

Post a Comment