June 18, 2010

[Liburan] Segarnya Mandi di Air Terjun

MANDI di air terjun? Wow....pasti segar banget. Berminat? Ini beberapa pilihan untuk Anda:

1. Air Terjun Way Lalaan

Air terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya sekitar 200 meter, berasal dari aliran Way Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Letaknya di di Gunung Tanggamus dengan jarak 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tanggamus atau 80 km dari Bandar Lampung.

Air terjun ini telah dikenal sejak 1937, yaitu pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun. Fasilitas yang tersedia yaitu selter, kamar ganti pakaian, musala, dan pelataran parkir.

Berkendaraan dengan kecepatan sedang, 15 menit dari Batu Keramat tiba di Pekon Way Lalaan. Masuk 100 m dari sisi kiri jalan objek wisata tirta air terjun Way Lalaan layak dikunjungi. Tumpahan air terjun dari ketinggian 11 m menciptakan bunyi gemuruh yang sayup-sayup mulai terdengar sejak anak tangga teratas jalan masuk menurun sepanjang 75 m.

2. Air Terjun Curup Gangsa

Terletak di kaki bukit Dusun Tanjungraya, Kampung Kutaway, Kecamatan Kasui, Way Kanan. Air terjun ini bersumber dari patahan Way Tangkas yang mengalir dari relung-relung punggung Bukit Punggur meliuk-liuk melalui Dusun Tanjungkurung, Lebak Peniangan, dengan ketinggian 50 m, diselimuti kabut serta belaian desir angin semilir beterbangan membawa embun yang sejuk menambah suasana semakin alami.

Pada saat tengah malam dalam suasana sepi sering terdengar suara gemerincing bagaikan suara seruling Gangsa. Konon dari suara inilah nama Curup Gangsa oleh masyarakat sekitar menjadi nama objek wisata, yang berjarak 50 km dari pusat ibu kota Kabupaten Way Kanan.

3. Air Terjun Putri Malu

Terletak di Kampung Jukubatu, Kecamatan Banjit, 46 km dari ibu kota Kabupaten Way Kanan, yakni Blambangan Umpu, dengan ketinggian 100 m. Air terjun jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi. Hal inilah yang mendasari curup ini dinamakan Putri Malu yang asri berpadu indahnya panorama hijau pegunungan yang sambung menyambung diselimuti hutan alam tropis basah yang masih "perawan".

4. Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan

Anda yang gemar melakukan kegiatan alam bebas, air terjun ini menjanjikan petualangan yang mengasyikkan. Dengan vegetasi hutan tropis yang rapat ditingkahi gemercik suara sungai, sungguh merupakan suatu keharmonisan yang indah. Air terjun ini berlokasi di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit (dari Liwa sekitar 20 menit ke arah Krui ditambah jalan kaki selama 3 jam menuju lokasi).

5. Air Terjun Tambakjaya

Air terjun ini berlokasi di Pekon Tambakjaya, Kecamatan Way Tenong (dari Liwa 49 km ke arah Tanjungkarang). Luas kawasan air terjun Tambakjaya ini memiliki luas wilayah 1 ha. Dengan suhu udara rata-rata 25-28 derajat Celsius dan memiliki konfigurasi berbukit, lembah, dan sungai merupakan pemandangan yang pas dan bagus untuk fotografi. Selain menikmati pemandangan air terjun, di sini kita bisa mandi-mandi, bermain air, berenang, dan menyelam.

(Dari Berbagai Sumber/D-2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 18 Juni 2010

1 comment:

  1. Duh referensinya kog pada di luar kota dan jauh dari jangkauan? Tapi jangan takut, deket Bandarlampung juga ada kog dan tetap merarik (baca: menantang) untuk disambangi. kami siap memandu Anda untuk sampai ke sana, mau...?

    ReplyDelete