June 18, 2010

[Liburan] Memancing di Danau Way Jepara

DANAU Way Jepara di Desa Labuhanratu, Way Jepara, Lamtim, dapat menjadi pilihan wisata Anda. Meskipun pengunjung danau tidak dipungut retribusi, Pemkab Lamtim tetap menjaga kondisi danau yang masih alami ini.

Tumbuh-tumbuhan berumur di atas 10 tahun masih terlihat tegar dan kondisinya sangat sejuk dan bersih. Airnya terlihat biru kehijauan dan tenang. Danau sekitar 100 ha ini dikelilingi berbagai tumbuhan seperti pohon sonokeling dan jati.

Danua ini berjarak sekitar 60 km dari Sukadana, dan 10 kilometer dari pusat kota Kecamatan Way Jepara. Sepanjang jalan menuju danau terasa sejuk karena dikelilingi pepohonan.

Tak hanya elok dipandang, danau ini menyimpan berbagai jenis ikan tawar seperti nila, betutu. Jadi, yang hobi memancing asyik banget liburan ke danau dengan kedalaman diperkirakan 80 meter itu. Kondisi jalan cukup mulus, hanya agak sedikit curam dan menikung.

Begitu memasuki areal danau, sebuah patung yang menggambarkan seorang petani sedang mencangkul menyambut pengunjung. Sebuah bendungan kokoh juga seakan menyapa kita. Jalan setapak menuju danau sengaja dibangun Dinas PU setempat agar kendaraan roda empat tidak bisa masuk.

Jika kendaraan roda empat masuk akan merusak tanaman hutan yang tingginya masih di bawah satu meter itu. Tiba di lokasi, jangan lupa siapkan alat pancing. Kalau malas, Anda bisa duduk atau berbaring menikmati indahnya danau ini. (AGUS S./D-2)


Sumber: Lampung Post, Jumat, 18 Juni 2010

No comments:

Post a Comment