June 8, 2010

Sanggar Seni Sai Betik Jadi Duta Seni Lampung

BANDAR LAMPUNG--Sanggar Seni Sai Betik SMA Negeri 1 Pesisir Tengah, Krui, Lampung Barat, bakal tampil pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se-Indonesia di Surabaya. Mereka akan menampilkan tari Tudung Kembar dalam kompetisi seni siswa yang ditaja pada 14�18 Juni dan diikuti pelajar SMA dan MAN itu.

Sanggar Seni Sai Betik yang berdiri sejak 20 Juni 2003 ini terpilih sebagai duta seni Provinsi Lampung setelah berhasil memenangi lomba ajang FLS2N sejenis tingkat Provinsi Lampung.

Menurut Kadis Pendidikan Nukman didampingi Kabid Dikmen Diknas Lampung Barat Ronggur L. Tobing, yang akan mengawal langsung duta seni ini merupakan yang kedua kali bagi Sanggar Sai Betik mewakili FLS2N tingkat nasional. Tahun lalu di ajang FLS2N di Yogyakarta dengan mengusung tari Kenui Begkhuau karya Sudarmanto, Sanggar Sai Betik berhasil menyabet juara penampil terbaik.

Nukman menambahkan di ajang tersebut, Sanggar Sai Betik akan menampilkan tari Tudung Kembar yang mengangkat filosofi beguwai jejama merupakan slogan dan semangat masyarakat. "Tari ini sarat muatan budaya Lampung. Mudah-mudahan kami berhasil kembali mengharumkan nama Lampung dengan memboyong predikat penampil terbaik. Lewat ajang ini, kami juga ingin memperkenalkan budaya Lampung di tingkat nasional," ujar Nukman.

Hal senada disampaikan Kepala SMAN 1 Pesisir Tengah Purwanto. Menurut dia, untuk menghadapi kompetisi bergengsi ini, tim kreatif Sanggar Sai Betik sudah berlatih intensif. Sudarmanto sebagai koreografer mencoba mengeksplorasi filosofi beguwai jejama dalam garapan Tudung Kembar. Rasa dan semangat kelampungannya kental, apalagi didukung olahan musik yang digarap Indra Tamara," kata Purwanto.

Sementara itu, koreografer Sudarmanto ketika ditemui usai latihan merasa optimistis dan siap tampil di ajang FLS2N di Surabaya. Sudarmanto yang pernah mengikuti workshop koreografer Intenational Dance Festival (IDF) ini akan mengusung tari Tudung Kembar yang ditarikan Nina Rahmadonna dan Rendi Optadistra. (ZUL/L-2)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 8 Juni 2010

No comments:

Post a Comment