June 24, 2010

Festival Krakatau Diharapkan Bisa Lebih Meriah

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Festival Krakatau diharapkan memberikan efek ganda bagi peningkatan perekonomian masyarakat Lampung, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung Gatot Hudi Utomo, Selasa (23-6).

Menurut Gatot, ajang budaya yang berlangsung selama festival akan berimbas pada datangnya pemodal untuk berinvestasi di Lampung.

Geliat wisata Lampung, kata Gatot, bisa dilihat dari banyaknya tamu yang datang menginap di hotel dan jumlah penerbangan yang meningkat menjadi sembilan kali penerbangan dalam sehari.

Sebagai ajang tertinggi puncak kreativitas seniman Lampung, Festival Krakatau ke-20 ini akan diisi dengan kegiatan lomba tari kreasi yang akan berlangsung Sabtu (26-6) di Taman Budaya Lampung. Kegiatan akan dilanjutkan dengan pemilihan muli-mekhanai. Hingga saat ini tercatat 44 orang yang siap mengikuti pemilihan muli-mekhanai Lampung 2010.

Festival Kratakatau yang menelan biaya Rp700 juta ini juga diisi dengan penampilan budaya dari 14 kabupaten kota dan penampilan spesial dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Penampilan yang dikemas dalam kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai ini merupakan penampilan spesial dan pertama kali dalam event Festival Krakatau," kata Gatot.

Selain itu, ada arakan budaya yang diikuti 22 paguyuban masyarakat di Lampung.

Sedangkan puncak Festival Krakatau akan digelar pada 24 Juli di lapangan parkir GOR Saburai Bandar Lampung. Pada 25 Juli dilangsungkan tur Krakatau.

"Kami mencoba pergelaran festival kali ini lebih meriah, lebih bisa dinikmati warga Lampung secara luas, dan lebih banyak menarik wisatawan untuk berkunjung ke Lampung," kata Gatot. (CR-1/L-1)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 24 Juni 2010

No comments:

Post a Comment