March 20, 2012

Sastra: Dwi Fadhila Rebut Rycko Menoza Award

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pelajar SMAN 2 Kalianda Dwi Fadhila Rahma merebut Rycko Menoza Award dalam memperingati HUT ke-48 Provinsi Lampung. Dwi menang dalam lomba baca puisi yang ditujukan bagi siswa SMA se-Provinsi Lampung, di Plaza Lotus, Bandar Lampung, Sabtu (17-3).

Beberapa puisi yang ditentukan panitia untuk dibacakan oleh para peserta yaitu Karawang-Bekasi, Dialog Bukit Kamboja, Akar Pohon Tanah Airku, Mendongenglah buat Ind yang Berulang Tahun, dan Pahlawan Tak Dikenal.

Dewan juri yang terdiri dari Isbedy Stiawan Z.S., Iin Mutmainnah, dan Udo Z. Karzi juga menetapkan M. Rendra Saputra dari SMAN 1 Menggala meraih juara kedua dan juara ketiga diraih Meutia Martha Shabina dari SMAN 2 Bandar Lampung. Juara harapan pertama diraih oleh Windara Insan Mayo, sedangkan juara favorit yang ditentukan menurut hasil polling SMS yaitu Nadya Mariesta dari SMAN 3 Bandar Lampung. Para pemenang berhak atas tabanas dari Bank Lampung, sedangkan untuk juara favorit mendapatkan hadiah dari Axis.

Ketua Pelaksana Acara Syaiful Irba Tanpaka mengatakan penilaian dewan juri meliputi vokal, penghayatan, dan performance. "Ketepatan peserta lomba dalam mengucapkan kata per kata dalam puisi akan menyumbangkan poin yang cukup besar," kata dia.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Sulpakar yang hadir mewakili Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza menjelaskan sulitnya menanamkan semangat patriotisme pada generasi muda saat ini. Arus globalisasi saat ini dapat menghanyutkan siswa dalam kebiasaan-kebiasaan yang justru bertentangan dengan nilai-nilai perjuangan bangsa.

"Semoga acara ini dapat menginspirasi siswa melalui ketokohan yang ada dalam puisi pahlawan itu," ujar dia. (MG4/D-2)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 20 Maret 2012

No comments:

Post a Comment