March 16, 2012

Pondok Baca Gelar Lomba Baca Puisi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pondok Baca sebagai satu komunitas untuk meningkatkan apresiasi dan gemar membaca menggelar lomba membaca puisi. Kali ini lomba bertajuk Lomba Baca Puisi Pahlawan Rycko Menoza Awards untuk pelajar SMA se-Provinsi Lampung.

Ketua Pelaksana Syaiful Irba Tanpaka mengatakan lomba yang digelar untuk memeriahkan HUT Provinsi Lampung 2012 ini mengambil tema Kepahlawanan. "Tujuannya, meningkatkan apresiasi generasi muda terhadap nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme."

Permintaan pengiriman peserta telah disampaikan kepada kepala-kepala sekolah di Bandar Lampung maupun kabupaten/kota lainnya.

Mengenai konteks memperebutkan trofi Rycko Menoza Awards, Syaiful menuturkan karena sebagai tokoh muda, Rycko mencatat raihan prestasi yang memiliki keteladanan bagi generasi setelahnya, baik sebagai ketua Pemuda Pancasila maupun ketua KNPI Lampung.

Bupati Lampung Selatan Rycko juga memiliki apresiasi dan kepedulian terhadap pengembangan seni budaya daerah dan semangat kebangsaan untuk mempertahankan NKRI sebagai harga mati.

Lomba digelar tanggal 17—18 Maret 2012 di Plaza Lotus, Bandar Lampung. Setiap juara akan mendapatkan hadiah uang Rp1 juta (juara I), Rp750 ribu (juara II), Rp500 ribu (juara III), dan Rp250 ribu untuk juara harapan I sampai harapan III.

Sementara untuk juara favorit dipilih berdasarkan SMS dengan hadiah dari Axis. Pendaftaran dibuka sejak 16 Februari sampai 16 Maret 2012, di Sekretariat Pondok Baca, Kompleks Pasar Seni, Jalan Sriwijaya Enggal, Bandar Lampung. Persyaratannya, pelajar SMA, membawa surat keterangan dari kepala sekolah, dan membawa kartu tanda pelajar yang masih berlaku.

Selain itu, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu dan mendapatkan kartu perdana Axis. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online dengan men-donwload formulir di www.syaifulirba.blogspot.com atau hubungi 08127919446.

Materi puisi yang disediakan panitia yaitu Kerawang Bekasi (Chairil Anwar), Dialog Bukit Kamboja (D. Zawawi Imron), Akar Pohon Tanah Airku (Dorotea Rosa Herliani), Pahlawan Tak Dikenal (Toto Sudarto Bachtiar), dan Dongenglah Buat Ind (Isbedy Stiawan Z.S.). (ZUL/K-2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 16 Maret 2012

No comments:

Post a Comment