June 15, 2012

Buku Terasing di Negeri Sendiri Beredar di Lampung


BANDAR LAMPUNG (Lampost.Com): Buku Terasing di Negeri Sendiri karya Oki Hajiansyah Wahab sudah beredar di Lampung pagi ini. Buku yang mengetengahkan cerita konflik tanah dan kemanusiaan di Register 45 itu mendapat sambutan banyak pihak. Buku yang diterbitkan Indepth Publishing itu dijual dengan sistem indie atau self publishing.

Direktur Indepth Publishing Tri Purna Jaya mengatakan buku itu dicetak seribu eksemplar dan sudah banyak dipesan. Tri mengatakan pihaknya menyasar mahasiswa, dosen, dan para aktivis sebagai pangsa pasar. Tri mengungkapkan buku karya mahasiswa program doktor Universitas Diponegoro, Semarang, itu juga disambut positif aktivis kemanusiaan dari luar negeri, seperti Hong Kong dan Belanda.

Tri mengatakan harga buku tersebut Rp35 ribu dan pemesan bisa menghubungi Indepth Publishing atau penulisnya sendiri. Bahkan, kata mantan jurnalis Lampung Post itu, buku karya Oki itu akan diterbitkan ke dalam dua bahasa: Inggris dan Belanda. "Seorang penerjemah sedang kami minta mengalihbahasakan ke bahasa Belanda dan Inggris. Pemesan di kedua negara itu cukup besar," ujarnya pagi ini. Tidak menutup kemungkinan dalam tiga bulan ke depan buku itu akan dicetak lagi.

Sementara penulis buku, Oki Hajiansyah, kepada Lampung Post mengatakan hasil penjualan buku akan digunakan untuk membangun Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan posyandu di Moromoro, Mesuji. Sebab, masyarakat yangtak mendapat haknya di sana itu sangat kekurangan sarana edukasi dan kesehatan.

"Alhamdulillah, pengerjaannya sudah 40 persen. Semoga hasil penjualan buku bisa menutup kekurangan biaya pembangunan TPA dan posyandu," kata Oki yang berbilang tahun mengadvokasi masyarakat Moromoro. (ASP/L-1)

Sumber: Lampung Post.com, Jumat, 15 Juni 2012 

No comments:

Post a Comment