March 18, 2011

Pustaka: ‘Pukau Kampung Semaka’ Diluncurkan

KOTAAGUNG (Lampost): Peringatan HUT ke-14 Kabupaten Tanggamus tahun ini dimeriahkan dengan peluncuran buku puisi berjudul Pukau Kampung Semaka yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan setempat, hari ini (18-3), di Islamic Center Kotaagung.

Antologi yang berisi 18 puisi terbaik dari penyelenggaraan Batu Bedil Award 2010 pada Festival Teluk Semaka tahun lalu itu merupakan hasil pilihan dewan juri yang memilih puisi karya Oki Sanjaya berjudul Pukau Kampung Semaka dari 103 puisi yang mengikuti lomba cipta puisi.

Penggagas kegiatan, Alfian A. Husin, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanggamus, menjelaskan perkembangan seni dan budaya harus terus dieksplorasi dengan gagasan-gagasan segar melalui dialog dan interaksi estetika.

"Terlebih, gagasan untuk menerbitkan buku puisi tentang Kabupaten Tanggamus bertepatan dengan hari ulang tahun kabupaten. Ini menjadi momentum yang tepat untuk mengajak keturutsertaan masyarakat membangun wilayah melalui pendekatan kultural," kata Kadis yang dekat dengan kalangan seniman ini.

Alfian mengemukakan pada mulanya puisi-puisi yang termuat dalam buku ini adalah peserta lomba cipta puisi tahun 2010. Semua pesertanya berasal dari seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Sumatera sampai ke Kalimantan dan Denpasar.

Alfian berharap buku ini akan menjadi salah satu tolok ukur bahwa masyarakat yang berada di dalam maupun di luar kabupaten, bahkan di luar Provinsi Lampung, mengetahui dengan baik potensi budaya-wisata di Tanggamus.

Selain memuat dua puisi karya Oki Sanjaya yang merupakan penyair muda Lampung, antologi puisi ini memuat karya-karya penulis Indonesia lainnya, seperti A'yat Safrana G. Khalili (Sumenep), Budhy Setiawan (Jakarta), Dhea Fitria Juhara (Jakarta), Dian Hartati (Bandung), dan Dwi Setyo Wibowo (Yogyakarta).

Selain itu, Edi Purwanto (Lampung Barat), Faisal Syahreza (Bandung), Kemas Feri Rahman (Bogor), Moh. Sofakul (Mustaqim-Blitar), Muh. Husen Arifin (Malang), Oky Sanjaya (Lampung), Sakti Wibowo (Jakarta), Wayan Sunarta (Bali), dan Zanila Aqsa (Jakarta).

Peluncuran buku langsung dilakukan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan dan akan diisi dengan pembacaan puisi oleh Oki Sanjaya sebagai peraih Batu Bedil Award 2010. (ZUL/D-3)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 18 Maret 2011

No comments:

Post a Comment