July 15, 2011

Kober-UKMBS Adakan Pelatihan Teater

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komunitas Berkat Yakin (Kober) Lampung bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung untuk kesekian kalinya menggelar pelatihan teater.

Acara kali ini bertajuk Workshop Teater Mikro. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (16—17 Juli), di gedung Pusat Kegiatan mahasiswa (PKM) Universitas Lampung.

Ketua Umum UKMBS Unila 2011—2012 Devin Nodestyo menyambut baik event ini. "Pelatihan atau event teater semacam ini sangat dibutuhkan untuk terus meningkatkan kualitas pertunjukan teater di Lampung. Khususnya kalangan mahasiswa yang anggotanya terus berganti setiap tahunnya.”

Event-event yang bertajuk pelatihan atau capacity building merupakan langkah konkret dalam usaha memajukan dan mengembangkan kehidupan teater di masa mendatang. Menurut dia, teater mikro adalah salah satu solusi alternatif di tengah berbagai keterbatasan yang menyertai kehidupan teater di Lampung.

"Meskipun durasinya pendek karena bangunan pertunjukan tetap utuh, tetap menarik sebagai sebuah pertunjukan. Bahkan saya rasa akan menjadi tren baru bagi penciptaan teater di Lampung di kemudian hari," kata dia.

Yulizar Fadli, koordintaor Bidang Pendidikan dan Pelatihan Kober, mengungkapkan workshop teater ini akan dihadiri kelompok-kelompok teater yang berbasis kampus atau mahasiswa, seperti dari Bandar Lampung ada Teater Kurusetra (UKMBS Unila), Teater KSS FKIP Unila, dan UKMBS UBL.

Selanjutnya, UKMSBI IAIN Raden Intan, Green Teater Umitra. Sementara dari Metro diundang Teater Mentari Universitas Muhammadyah Metro, IMPAS STAIN Metro, Teater Kompeni Metro, PAKSI Metro, Teater Pelangi, Teater Akustik STKIP PGRI. Kemudian dari Kotabumi juga diundang Teater Sagkar Mahmud STKIP PGRI Kotabumi.

"Beberapa komunitas seni lain juga kami undang, meskipun selama ini belum eksis di bidang teater, seperti UKM Bidang Seni Teknokrat, Malahayati, UML, STKIP PGRI Bandar Lampung," kata Yulizar.

Workshop Teater Mikro merupakan satu rangkaian kegiatan yang akan dilanjutkan dengan Festival Teater Mikro yang akan diadakan pada minggu ketiga atau keempat bulan September 2011. Peserta workshop yang dianjurkan adalah aktor atau sutradara yang akan berpartisipasi pada event tersebut.

Selain sebagai ajang pelatihan, Workshop Teater Mikro adalah ajang silaturahmi bagi pelaku-pelaku teater di Lampung. Media untuk saling mengenal satu sama lain dan menciptakan sebentuk jaringan kerja sama. (MG1/S-2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 15 Juli 2011

No comments:

Post a Comment