July 1, 2011

Penyair Lampung Diundang ke PPN V Palembang

Bandarlampung, 1/7 (ANTARA) - Empat penyair Lampung diundang untuk mengikuti Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V, yang akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, 16-19 Juli mendatang.

Salah satu penyair Isbedy Stiawan ZS, di Bandarlampung, Jumat menjelaskan, selain dirinya, tiga rekan sejawatnya juga diundang yaitu Inggit Putria Marga, Agit Yogi Subandi, dan Fitri Yani.

Menurut Isbedy, mewakili ketiga penyair Lampung itu, hingga kini mereka menyatakan siap memenuhi undangan pertemuan para penyair dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand tersebut.

"Undangan ini sebagai bentuk bahwa kepenyairan di Lampung telah mendapat tempat di mancanegara," ujar dia.

Penyair Lampung yang telah memiliki banyak karya itu menjelaskan, PPN V akan dihadiri tak kurang 160 penyair dari 5 negara dan puluhan pembicara dan ratusan pula pecinta sastra.

"Puisi-puisi para penyair dimasukkan dalam antologi 'Akulah Musi' setebal 624 halaman, dan akan diluncurkan saat pembukaan PPN V oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin," jelas dia, yang juga salah satu kurator pada PPN V.

Masih kata Isbedy, selain keempat penyair Lampung itu, sebenarnya satu lagi penyair dari Natar, Lampung Selatan, Alya Salaisha-Sinta. Namun penyair Alya saat ini menetap di Bangka Belitung. "Kemungkinan dia berangkat dari sana," katanya.

Isbedy yakin kalau para penyair Lampung bisa memenuhi undangan bergengsi itu. Apalagi, Lampung-Palembang tidak begitu jauh.

"Meski begitu, sulit juga kami bisa berangkat, jika tak ada dana," ujar dia.

Itu sebabnya, ia akan mencoba mengajukan proposal ke pemprov sehingga duta seni dari Lampung tersebut bisa meramaikan sekaligus menimba ilmu dari even sastra 5 negara Asean tersebut.

"Ini momen penting bagi kepenyairan Lampung, karena tahun depan dijadwalkan akan dihelat di Thailand ataupun Singapura, dua negara ini yang belum mendapat jadwal. Tetapi, teman-teman kurator menginginkan tahun depan dilaksanakan di Thailand," kata Isbedy lagi.

PPN V rencananya dilaksanakan di Hotel Swarna Dhipa Palembang. Sedangkan malam baca puisi akan dilaksanakan di Kambang Iwak dan di depan Jembatan Ampera, serta di beberapa tempat lainnya. Pelaksanaan yang semula 17-20 Juli dimajukan menjadi 16-19 Juli 2011.

Sumber: Antara, 1 Juli 2011

No comments:

Post a Comment