July 17, 2011

[Perjalanan] Embun Abadi Air Terjun Putri Malu

AIR terjun yang anjlok dari ketinggian sekitar 75 meter terlihat mengembun saat tumpah.


FOTO: LAMPUNG POST/WARSENO

Dinding bebatuan yang membentuk setengah lingkaran, dihiasi rumput-rumput kecil halus menghiasi air terjun tersebut. Pepohonan rindang yang terlihat asri megitari lokasi air terjun itu. Pepohonan yang sudah burumur puluhan tahun juga masih terlihat.

Keindahan yang menakjubkan itu ditambah deretan sarang lebah di dinding-dinding terjal. Ketika hari menjelang siang, dan sinar matahari menyengat, madu-madu dari sarang lebah itu menetes. Sarang lebah yang hanya terlihat seperti titik-titk hitam tampak indah.

Untuk mencapai keindahan Air Terjun Putri Malu yang berada di hutan kawasan membutuhkan tenaga ekstra dan kehati-hatian. Belum dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat. Kendati menggunakan sepeda motor juga harus melihat cuaca. Jika hujan atau gerimis turun, sepeda motor yang kita gunakan roda belakangnya harus dibalut dengan rantai agar tidak tergelincir.

Jalan setapak yang berada di tengah perkebunan kopi milik warga dihiasi jurang-jurang di sepanjang jalan itu. Tetapi kondisi jurang yang sedikit curam itu sebagian berada di sebelah kanan jalan dan sebagian di sebelah kiri jalan. Hal tersebut membuat pengunjung harus ekstrahati-hati. Lebih baik menyewa tukang ojek yang berpengalaman melewati jalan-jalan terjal dan licin.

Jalan setapak dengan jurang curam ketika jalan itu menurun dan begitu mendaki setelahnya. Keindahan alam yang menghiasi sepanjang perjalanan menuju air terjun yang biasa disebut Curup Putri Malu itu membuat kita refresh dan nyaman.

Selain keindahan yang ditimbulkan perkebunan kopi nan menghijau, juga pepohonan rindang masih terlihat tumbuh subur di areal tersebut.

Dimulai dari ibu kota Kecamatan Banjit, Way Kanan, tempat air terjun itu, tepatnya di Kampung Jukubatu, kita harus mengarahkan kedaraan ke Kampung Argomulyo.

Setelah melewati lapangan sepak bola milik Kampung Argomulyo, kita temukan jalan pertigaan dengan hiasan Tugu Pancasila. Kita ambil arah kanan menuju Kampung Menangasiamang.
Dari ibu kota Kecamatan Banjit yang berada di Kelurahan Pasar Banjit, untuk menuju lokasi wisata yang sangat asri itu masih bisa menggunakan kendaraan roda empat. Kendaraan roda empat dapat menelusuri jalan aspal yang masih bagus. Setelah melewati Kampung Menangasiamang, sekitar lima km akan masuk ke Kampung Jukubatu, tepat di dusun induk kampung tersebut.

Setelah masuk ke Kampung Jukubatu, dengan perjalanan sekitar empat puluh lima menit, sampai di Dusun Simpangrejang. Sampai di dusun itulah dapat dilalui kendaraan roda empat. Karena selebihnya harus menggunakan kendaraan roda dua.
Di lokasi tersebut banyak tukang ojek.

Jika waktu tempuh kita masih panjang dan hari belum sore, ada baiknya kita mengarahkan kendaraan ke sumber air panas yang tidak jauh dari Dusun Simpangrejang. Hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di sumber air panas yang kini mulai dibenahi.
Saat cuaca mendukung dengan kecerahannya, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan jasa ojek untuk menuju lokasi Curup Putri Malu. Dimulai dengan menelusuri jalan setapak menurun, dengan pemandangan perkebunan kopi milik warga, kita akan dibawa pada suasana sejuk. Jalan menanjak, menikung tajam pun akan kita lalui.

Ketika perjalanan sudah melewati jalan setepak berbentuk huruf S, perjalanan itu sudah tidak terlalu jauh.

Setelah perjalanan kurang lebih satu jam menelusuri jalan setepak itu, suasana dingin mulai merasuk. Suara-suara hewan liar terdengar, di antaranya kicau burung, kera, atau siamang.
Setelah berada di lokasi parkir darurat, kita dapat melihat air terjun dengan suara khasnya. Butuh waktu sekitar lima menit untuk sampai ke air terjun itu.

Embun yang dipercikan air terjun menimbulkan hawa dingin. Air yang bening membuat kita takjub. Air tumpah itu seperti kolam berbentuk bulat, mengalir melalui bebatuan yang dapat dilihat dengan jelas.

Beningnya air membawa pesona tersendiri, karena kita dapat melihat dasar aliran tersebut dengan jelas.

Jika kita melihat-lihat ke sekitar, akan ditemukan juga air terjun kecil dengan ketinggian yang sama dengan Air Terjun Putri Malu. Tempat air terjun yang sampai saat ini belum memiliki nama tenar itu biasa disebut masyarakat setempat Air Terjun Luang Gambir.

Letaknya tidak jauh, bahkan terlihat menyamping agak berhadapan dengan Air Terjun Putri Malu. Beberapa saat setelah menikmati Air Terjun Putri Malu dan Air Terjun Luang Gambir, perut mulai lapar. Akan terasa nikmat jika kita makan di lokasi tersebut. Selain suasananya indah dan sejuk, kita juga telah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan.

Kenikmatan tersendiri saat melihat keindahan air terjun membuat waktu cepat berlalu. Harapan warga sekitar kepada para pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, karena akan berakibat fatal. Tidak perlu mencoret-coret di bebatuan yang indah. Beberapa warga yang siap menjaga lokasi itu marah ketika pengunjung mencoret-coret dan membuang sampah sembarangan. Sebaiknya sampah-sampah itu dikumpulkan dan dibuang pada tempatnya.

Bupati Way Kanan berjanji segera mengoptimalkan lokasi wisata tersebut, tapi sampai saat ini pembangunan jalan belum juga dilakukan. Ada dugaan kekecewaan karena sebelumnya beberapa rekanan yang mendapatkan proyek untuk pelebaran jalan dan pemasangan batu onderlaag menuju lokasi wisata itu ternyata tidak bertanggung jawab. Bahkan batu-batu untuk onderlaag yang hanya terlihat beberapa tumpuk masih dibiarkan berada di tempat penurunan semula.

Beberapa aktivis pemuda setempat mengharapkan pengusutan terhadap rekanan yang tidak merealisasikan pekerjaannya. Mereka juga berharap pemerintah daerah segera mengoptimalkan tempat wisata tersebut. (WARSENO/M-1)

Sumber: Lampung Post, Minggu, 17 Juli 2011

1 comment:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/06/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-isi.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete