April 30, 2007

Pameran: Pesta Buku Lampung 2007 Sukses

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pesta Buku Lampung tahun 2007 yang diselenggarakan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) bekerja sama Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Harian Umum Lampung Post sukses.

Menurut Ketua Penyelenggara Kegiatan Deddy Henriko dari Ikapi, kesuksesan Pesta Buku tersebut karena banyaknya pengunjung dan meningkatnya animo masyarakat selama pameran itu. "Untuk omzet penjualan, kami memang belum menghitung. Namun alhamdulillah pameran ini berhasil. Bahkan, Bapak Wakil Kepala Dinas Pendidikan Adeham juga menilai demikian," kata dia, Minggu (29-4).

Pameran yang berlangsung sejak tanggal 21--29 April di Gedung Olahraga (GOR) Saburai, Bandar Lampung ditutup Wakil Kepala Dinas Pendidikan Adeham, kemarin.

Bahkan, ujar dia, beberapa stan mengharapkan pameran tersebut diperpanjang. Tidak hanya itu, ada sekitar 100 orang mengirim pesan pendek (SMS) kepada dia, meminta waktu pameran tersebut ditambah. Namun, karena Ikapi sudah mematok pameran hanya berlangsung sembilan hari, terpaksa tidak dapat memenuhi permintaan tersebut.

"Ikapi setiap menggelar memang selalu berlangsung sembilan hari. Karena jatuhnya hari Sabtu dan Minggu, ada dua kali. Sehingga pada akhir pekan biasanya banyak pengunjung," jelas dia.

Ia mengakui pada hari pertama dan kedua pameran tersebut agak sepi, tapi hari-hari berikutnya pengunjung membeludak. "Animo masyarakat Lampung luar biasa. Kendati pameran digelar pada hari tua, mereka antusias mengunjungi pameran tersebut," ujar dia.

Lantaran sukses, ia merencanakan kegiatan ini menjadi agenda tahunan. "Ikapi akan mengadakan pameran setiap tahun di Lampung karena minat masyarakat Lampung terhadap buku cukup tinggi. Namun, tanggalnya pas tanggal muda. Jangan kayak kemarin tanggal tua," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut Adeham mengaku bersyukur pameran tersebut berlangsung sukses. Ia mengharapkan Ikapi dapat menggelar kegiatan serupa pada tahun mendatang karena pameran tersebut dapat meningkatkan pendidikan dan minat baca masyarakat Lampung.

Sementara itu, pada hari penutupan tersebut juga diserahkan berbagai hadiah, antara lain lomba mewarnai, karaoke, membaca puisi, three on three, dan teknik penulisan buku. AST/K-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 30 April 2007

No comments:

Post a Comment