August 17, 2012

Lambar Siapkan 120 Pinang Berhadiah Peringati Kemerdekaan

LIWA -- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Provinsi Lampung, menyiapkan 120 batang pinang untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-67 tahun 2012 ini.
   
"Kegiatan tersebut sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Barat ke 21, dan akan berlangsung pada 26 Agustus mendatang," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Burlianto Eka Putra, di Liwa, Jumat.
   
Guna kelancaran acara tersebut, kata Burlianto, Pemkab Lambar mengajak pihak lain untuk berpartisipasi.
   
"Pemkab Lampung Barat bersinergi dengan PT Chevron Geothermal Suoh Sekincau (CGSS) dalam mengadakan kegiatan tersebut. Tetapi beberapa donatur lain juga ada yang mendukung," kata dia.
   
Kegiatan yang nantinya akan berlangsung di lapangan kompleks Pemkab Lampung Barat tersebut merupakan hiburan rakyat dan multifungsi.
   
"Sekaligus ajang untuk halal bihalal antara pemerintah dengan masyarakat," kata Burlianto menambahkan.
   
Daerah yang dipimpin Bupati Mukhlis Basri dan Wakil Bupati Dimyati Amin tersebut, memiliki pula pesta budaya tradisional yang disebut "Sekura".
   
Pesta budaya itu biasa dilaksanakan setelah Idul Fitri mulai dari 1 Syawal sampai 7 Syawal setiap hari bergantian dari pekon (desa) ke pekon yang lain.
   
Dalam kebudayaan Lampung, "Sekura" berarti menutup wajah dengan topeng.

Dalam tradisi perayaan itu, ribuan masyarakat daerah itu biasa mengenakan topeng secara massal saat kegiatan tersebut tiba, dan kemudian melakukan "cakak buah" atau memanjat batang pinang secara berkelompok.
   
"Sebanyak 120 batang pinang dengan beragam hadiah menarik tersebut sengaja dipersiapkan, mengingat pengalaman tahun lalu ribuan warga yang bersekura atau mengenakan topeng ikut memeriahkan acara tersebut," kata Burlianto lagi.
   
Adapun saat ini, peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-67 diperingati Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) setempat dengan melaksanakan upacara bendera, diikuti pejabat, dinas dan instansi serta unsur muspikab.

Sumber: Antara, Jumat, 17 Agustus 2012


No comments:

Post a Comment