January 8, 2008

Perpustakaan: Umitra Galakkan Minat Baca

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan minat baca mahasiswa terhadap buku-buku pelajaran, banyak hal yang dapat ditempuh. Salah satunya mengunjungi dan memanfaatkan perpustakaan yang ada di perguruan tinggi. Selain itu menambah pengetahuan dan mencari referensi, kegiatan mengunjungi perpustakaan juga untuk mengurangi aktivitas mahasiswa yang kurang bermanfaat.

Untuk meningkatkan minat baca tersebut, Universitas Mitra (Umitra) Bandar Lampung telah melakukan berbagai upaya seperti penambahan bahan pustaka sesuai dengan program pendidikan yang ada, baik buku-buku komputer, ekonomi maupun kesehatan.

Emiyati, Kepala Perpustakaan Umitra Lampung, kemarin (7-1) mengungkapkan selain dengan menambah buku referensi yang dibutuhkan mahasiswa Umitra juga merancang sebuah program sebuah program, yaitu kartu kunjungan yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian semester. Program ini mengharuskan mahasiswa untuk memenuhi jumlah kunjungan minimal yaitu 10 kali dalam satu semester.

Beberapa bulan terakhir program ini sudah memperlihatkan hasil yang mengagumkan, yaitu adanya kenaikan pengunjung perpustakaan yang signifikan. Sekitar 110 mahasiswa mengunjungi perpustakaan setiap hari. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mengunjungi perpustakaan hanya untuk memenuhi syarat mengikuti ujian akhir semester, tetapi juga meningkatkan minat baca mahasiswa.

Udin, salah satu mahasiswa STIE Mitra, mengaku mengunjungi perpustakaan 4--5 kali dalam sepekan. "Selain memenuhi kartu kunjungan yang digunakan sebagai prasyarat mengikuti ujian, juga bermanfaat memperoleh bahan referensi tugas-tugas dalam kuliah," ujarnya.

Udin juga mengungkapkan buku-buku yang ada di Perpustakaan Umitra cukup lengkap, sehingga mempermudah mahasiswa saat mencari buku yang diperlukan. RLS/S-2

Sumber: Lampung Post, Selasa, 8 Januari 2008

No comments:

Post a Comment