December 19, 2010

Buku: Karya Peserta Kemah Sastra Diterbitkan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Harian umum Lampung Post akan menerbitkan berbagai karya sastra yang ditulis peserta Kemah Bahasa dan Sastra (KBS) pelajar SMA se-Provinsi Lampung.

Dalam evaluasi kegiatan KBS pertama yang juga sekaligus peluncuran laman www.kemahsastra.com yang digelar di Kafe The Coffee, Sabtu (18-12), terungkap banyak peserta yang telah menghasilkan karya sastra. Beberapa karya sastra itu di antaranya cerpen Bakso Ajaib karya Rahmad, pelajar SMA Negeri 1 Gadingrejo, Pringsewu; Jaket Beludru, Aku dan Topi Jerami serta Cerita Seorang Psikopat karya Prisca Charity Worotikan, siswa SMA Xaverius Tanjungkarang. Cerpen Makan Singkong yang ditulis Bincar Rakutta Bangun dari SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Kemudian puisi Isi Hati, Cerita Kita, serta Hal Tersulit karya Aizers Shyam dari SMA Negeri 1 Sukadana, Lampung Timur.

Seluruh karya sastra itu akan dikompilasikan menjadi sebuah buku dan akan diterbitkan pada Januari 2011. Beberapa karya peserta itu telah diunggah di laman www.kemahsastra.com serta grup di jejaring sosial Facebook.

Evaluasi sekaligus peluncuran laman dihadiri Pemimpin Redaksi Lampung Post Sabam Sinaga, Dekan Fakultas Sastra Universitas Kristen Indonesia (UKI) Fajar S. Roekminto, Wakil Kepala SMA Negeri 1 Gadingrejo Handriyo, dan Ketua Panitia Pelaksana KBS I Sumarno. Rencananya KBS kembali digelar pada 2011.

Dalam evaluasi itu, Fajar S. Roekminto mengatakan KBS yang paling utama adalah hasil karya dari peserta. "Tanpa ada hasil karya dari peserta, kegiatan Kemah Bahasa dan Sastra tidak ada artinya," kata Fajar.

Sabam Sinaga mengatakan Lampung Post sebagai koran yang peduli dengan pendidikan siap menerbitkan karya-karya sastra itu. "Kemah Bahasa dan Sastra hanyalah kompor. Hasilnya itulah yang paling utama. Kami siap memublikasikan karya-karya sastra ini," kata Sabam. (KIS/K-2)

Sumber: Lampung Post, Minggu, 19 Desember 2010

No comments:

Post a Comment