December 29, 2010

Film Karya Pelajar Lampung Raih Jawara

BANDAR LAMPUNG—Dunia perfilman di Lampung berkibar. Film dokumenter Pulau Teri Asin karya siswa SMKN 5 Bandar Lampung meraih juara kedua di ajang Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) yang digelar di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, 18—19 Desember lalu.

FFPJ merupakan wadah kreativitas pelajar yang berbasis perfilman.

Selain meraih juara kedua, film yang disutradarai Chrisila Wentiasri itu juga menggondol juara favorit. Dalam kompetisi ini, anggota tim SMKN 5 Bandar Lampung yang berjumlah 8 orang mengirimkan dua film, yakni Pulau Teri Asin dan film fiksi Mukenah Untuk Emak karya Tiara Lismana Dewi. Namun, Mukenah Untuk Emak belum berhasil meraih jawara.

Salah satu anggota tim, Chrisila, mengaku bersyukur meraih prestasi tersebut. "Kami senang sekali dengan keberhasilan film kami yang memperoleh juara di tingkat nasional," kata Chrisila kepada Lampung Post, Selasa (28-12).

Chrisila menambahkan kemenangan yang diraih dalam ajang tersebut merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat, khususnya pelajar di Lampung. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan dari berbagai pihak, seperti pihak sekolah, dewan guru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, serta Dewan Kesenian Lampung (DKL).

"Kemenangan ini tidak terlepas dari dukungan orang-orang yang selalu memberikan motivasi bagi kami," ujarnya.

Sedangkan film fiksi Mukenah Untuk Emak meski belum berkesempatan menjadi juara, paling tidak kualitas produksi film siswa SMKN 5 Bandar Lampung tersebut masuk dalam 15 nominasi dari sekitar ratusan peserta yang mengikuti ajang tersebut. "Meski film yang kami buat belum menjadi juara, tapi kami belajar dan mendapatkan pengalaman untuk bisa berbuat lebih baik lagi," kata Tiara.

Sementara itu, dua perwakilan siswa SMKN 5 Bandar Lampung, yang juga berperan besar dalam meraih prestasi di FFPJ, Rahmawati dan M. Ody Saputra, mengatakan merasa senang dan sangat bersyukur dengan raihan prestasi tersebut. Meski awalnya tidak menyangka bisa menjadi juara, mereka mengaku sangat termotivasi untuk dapat memberikan yang terbaik pada ajang tersebut. "Senang banget, karena kami tidak menyangka sebelumya," kata Ody.

Ody menjelaskan pengetahuan perfilman merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMKN 5 Bandar Lampung. Meski baru mengenal dunia film sejak satu tahun silam, dia mengaku sudah merasa begitu menikmati bidang tersebut. "Saya baru tahu dunia perfilman ini sejak masuk sekolah ini (SMKN 5, red)," ujar siswa kelas II ini.

Sedangkan Rahmawati menuturkan atas prestasi yang diraih tersebut, banyak pihak yang telah memberikan dukungan baik moril dan materil, seperti Pemprov Lampung, DKL, Dinas Pendidikan serta pihak sekolah SMKN 5 Bandar Lampung. "Ya banyak sih dukungannya. Mereka rata-rata memberikan dana pembinaan. Mudah-mudahan kami bisa terus semakin berprestasi," kata Rahmawati. (MG18/L-2)

Sumber: Lampung Post, Rabu, 29 Desember 2010

No comments:

Post a Comment