December 22, 2010

Kober Gelar Workshop dan Pentas Mikroteater

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komunitas Berkat Yakin (Kober) bekerja sama dengan Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) menggelar Workshop dan Pementasan Mikro Teater di Universitas Muhammadyah Lampung (UML), Kamis (23-12).

Dalam rilis yang diterima Lampost (22-12), Iskandar Gb, penggiat Kober mengatakan workshop tersebut bertujuan mengembangkan sastra dan teater di ranah Lampung.

"workshop dan pementasan tersebut adalah program lanjutan untuk memenuhi 50 workshop (pelatihan) dan pementasan mikro di 50 tempat di seluruh Lampung yang sudah dimulai sejak pertengahan 2010 lalu," ujar Iskandar dalam rilisnya.

Iskandar menjelaskan kober mencoba menjadi katalisator bagi para pelajar dan mahasiswa agar kembali kreatif, mampu mengungkapkan ide dan gagasannya melalui teater dan sastra sebagai media ekspresi.

Workshop dan pementasan memungkinkan seluruh siswa dan mahasiswa terlibat pada berbagai aktivitas seni di Lampung, yang gairahnya semakin lama semakin surut, jelas Iskandar.

Dengan adanya pelatihan dan pementasan ini diharapkan mampu menggairahkan "kehidupan" teater di Lampung, ujar Iskandar.

Pertunjukkan teater mikro di pilih Kober untuk mengatasi minimnya pementasan teater di Lampung, dan juga mengatasi keterbatasan bahwa teater juga bisa dipentaskan dengan dukungan dan fasilitas sederhana seperti di aula sekolah atau ruang kelas.

Kober selama ini telah menggelar teater mikro di SMA-SMA, Perguruan Tinggi, dengan tujuan memasyarakatkan teater.

Kober memilih teater mikro Karena dengan pertimbangan durasi pertunjukkan kurang lebih hanya 5-20 menit. Waktu tersebut memungkinkan setiap pelaku teater bisa mempersiapkan pementasannya dengan lebih baik dan lebih sederhana daripada harus menggarap drama dengan waktu yang panjang.

"Meski pertunjukan pendek tetap saja harus presisif, terukur, dan keren ," ujar Iskandar. (MG-17/K-2)

Sumber: Lampung Post, Rabu, 22 Desember 2010

No comments:

Post a Comment