June 9, 2011

HUT Bandar Lampung: Sektor Pariwisata Bisa Jadi Pilar Ekonomi Daerah

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sektor pariwisata dapat menjadi pilar peningkatan perekonomian daerah jika dikembangkan secara optimal. Prioritas pembangunan sektor ini harus dimulai dari sumber daya manusia (SDM) serta sarana/prasarana wisata.

BEGAWI BANDAR LAMPUNG. Ratusan pelajar mengenakan busana nusantara pada pembukaan Begawi Bandar Lampung di Lapangan Saburai, Rabu (8-6). (LAMPUNG POST/ZAINUDDIN)

"Pariwisata bisa menjadi pilar untuk meningkatkan ekonomi daerah. Pemkot perlu mendorong pembenahan dan daya saing wisata sehingga mampu mengangkat citra wisata lokal ke dunia internasional," kata Staf Ahli Bidang Pranata Sosial Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Surya Yoga saat membuka begawi dan Bandar Lampung Expo, di Lapangan Saburai, Rabu (8-6). Begawi dan Bandar Lampung Expo dilangsungkan dalam rangka memeriahkan HUT ke-329 Kota Bandar Lampung.

Surya mengatakan Pemkot harus mempercepat pembangunan sarana pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan dalam negeri. Selain itu, Pemkot juga harus meningkatkan kualitas SDM dan kesiapan masyarakat sekitar. "Kedua hal tersebut perlu menjadi perhatian utama untuk mendorong perkembangan kota wisata," ujar Surya.

Menurut Surya, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyambut gembira dan mendukung begawi. Kegiatan tahunan ini diharapkan mampu menggalakkan dan menarik minat masyarakat untuk melakukan kunjungan wisata ke kota Tapis Berseri. Surya meminta Pemkot dan pelaku wisata untuk serius memajukan pariwisata. "Percepatan pembangunan sarana pariwisata akan meningkatkan kunjungan wisatawan manacanegara dan dalam negeri," kata dia.

Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. mengatakan begawi dan Bandar Lampung Expo merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi momentum visualisasi produk unggulan dan hasil pembangunan. "Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," kata dia.

Begawi diadakan untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya yang sudah ada agar nilai-nilainya dapat dipelihara dan dikembangkan serta diwariskan kepada generasi mendatang.

Begawi dihadiri Ketua DPRD Bandar Lampung Budiman A.S., Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak, Ketua Tim Penggerak PKK Eva Dwiana, serta pejabat Pemkot dan jajarannya.

Begawi diisi dengan parade seni dan budaya serta peragaan busana. Beberapa siswa menampilkan atraksi drumben, serta pawai kesenian dan adat Lampung. Begawi tahun 2011 hampir tidak mengalami perubahan dibandingkan begawi tahun sebelumnya. Pembukaan diisi dengan penglepasan balon ke udara, pemotongan kue ulang tahun, dan pawai dari beberapa kecamatan. Rancangan tempat begawi dan Bandar Lampung Expo pun hampir tidak berubah dengan tahun sebelumnya.

Begawi dan Bandar Lampung Expo akan berlangsung hingga 17 Juni mendatang. Aneka perlombaan akan memeriahkan kegiatan ini, lomba lagu pop Lampung, lomba tari Lampung, lomba busana Lampung, dan lomba makanan tradisional khas Lampung. (MG3/U-1)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 9 Juni 2011

No comments:

Post a Comment