January 30, 2007

Pusat Bahasa Lampung Bukukan Biografi Sastrawan Lampung

UNTUK mendekatkan sastrawan dan seniman asli Lampung kepada masyarakat, Pusat Bahasa Lampung saat ini tengah menyusun buku mengenai biografi mereka. Diharapkan buku tersebut akan diterbitkan 2008 bertepatan dengan Kongres Bahasa.

Kepala Pusat Bahasa Lampung Agus Sri Danardana, Jumat (26/1) mengatakan, dari sekian banyaknya sastrawan dan seniman di Lampung, pusat bahasa baru berhasil mengumpulkan sekitar 13 biografi sastrawan dan seniman Lampung. Di antaranya seperti Isbedy Stiawan, Ari Pahala Hutabarat, Iswadi Pratama, Udo Z. Karzi, Budi Hutasuhut, dan Panji Utama.

Selain penerbitan buku sastrawan dan seniman Lampung, Pusat Bahasa Lampung juga tengah menyusun buku mengenai pemetaan bahasa di Lampung. Pemetaan yang melibatkan 47 titik pengamatan di berbagai daerah di Lampung itu menghasilkan data berupa 10 bahasa yang banyak dipakai masyarakat Lampung. Di antaranya bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Bali, dan bahasa Lampung. "Kami berharap bisa menerbitkan buku mengenai peta bahasa-bahasa di Lampung bersamaan dengan terbitnya buku tentang sastrawan dan seniman Lampung," kata Agus.

Sumber: Kompas Cyber Media, 26 Januari 2007

No comments:

Post a Comment