August 19, 2009

Budaya: Lomba Perahu Dayung Meriahkan HUT RI di Mesuji

MESUJI (Lampost): Puncak peringatan HUT ke-64 RI di Kabupaten Mesuji berlangsung meriah dengan diadakannya lomba-lomba yang mewakili kebudayaan daerah setempat. Salah satu lomba yang paling terkenal dan kini kembali diadakan adalah lomba perahu hias dan lomba perahu dayung di aliran Sungai Mesuji.

Ratusan pengunjung mulai dari anak-anak dan orang tua dari kampung-kampung sepanjang Sungai Mesuji memadati lokasi lomba yang dipusatkan di Kampung Wiralaga I dan Wiralaga II. Lomba yang dalam bahasa setempat disebut lomba bidar itu diikuti 18 perahu.

Lomba bidar tingkat kabupaten itu merupakan lomba perdana di Kabupaten Mesuji, sejak kabupaten tersebut dibentuk. Selain istimewa, karena bertepatan peringatan HUT RI, lomba juga dibuka Penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Husodo Hadi dan unsur Muspida setempat.

Rombongan Pj. Bupati menuju Kampung Wiralaga, yang berada di alur Sungai Mesuji untuk menyaksikan lomba yang sudah menjadi tradisi turun-temurun itu, sekitar pukul 15.00. Sebelumnya, Husodo Hadi menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT RI di Kampung Brabasan, Tanjungraya. Kedatangan Husodo langsung disambut dengan tarian adat Mesuji.

Lomba perahu tersebut dibagi menjadi dua katagori, yaitu perahu hias dan perahu dayung. Untuk perahu hias diikuti 7 perahu dengan berbagai motif hiasan. Sedangkan untuk perahu dayung diikuti 11 perahu dengan 10 orang pedayung.

Garis awal lomba dimulai dari Kampung Wiralaga II dan finish di Kampung Wiralaga I. Untuk lomba katagori perahu hias, juara I dimenangkan Perahu Lesahan Mesuji, juara II Perahu F-16, dan juara III direbut Perahu Wiralaga II.

Sedangkan untuk lomba perahu dayung, juara I diraih grup Preman Insaf, juara II diraih Putra Unggul, dan juara III direbut grup Samudra Sakti.

Usai lomba, Husodo Hadi berkenan memberikan piala dan trofi bagi para pemenang. Pemenang pertama dari kedua kategori lomba mendapat hadiah Rp1 juta, juara II Rp500 ribu, dan juara III mendapat Rp250 ribu. Setelah memberikan hadiah, Husodo secara spontan memberi bonus kepada setiap pemenang Rp500 ribu.

Dalam sambutannya, Husodo mengatakan keunggulan sungai dan budaya Mesuji harus terus dilestarikan. Bahkan dengan seringnya dilakukan penelusuran Sungai Mesuji, kata Husodo, menarik minat Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. untuk menyusuri sungai itu. "Rencananya, Gubernur akan datang waktu Lebaran untuk melihat lomba perahu di Mesuji," ujar dia. n UAN/D-3

Sumber: Lampung Post, Rabu, 19 Agustus 2009

No comments:

Post a Comment