December 31, 2013

DKL Siap Luncurkan Portal Berita "Warta Seni"

DEWAN Kesenian Lampung (DKL) siap meluncurkan portal berita seni pada pertengahan Januari 2014 mendatang.

Portal berita beralamat di: www.wartaseni.com, itu diharapkan benar-benar menjadi kanal informasi para seniman dan budayawan di Lampung dan Indonesia.


Ketua Harian DKL, Hari Jayaningrat, didampingi Ketua Litbang DKL, Hasanuddin Z Arifin, di Bandarlampung, Senin, mengatakan portal berita seni milik DKL itu sengaja dibuat umum agar bisa menjangkau publik lebih luas.

Isinya, kata Hasanuddin menambahkan, tidak hanya berupa ulasan seni (esai) dan berita seni serius yang benar-benar bernilai seni ('art').

"Seni popular dan seni tradisi yang hidup di komunitas-komunitas suku di Lampung dan Indonesia pada umumnya pun bisa dipublikasikan oleh pembaca. Intinya, kami mengajak publik untuk mengenal dan memperkenalkan seni-budaya," kata dia pula.

Menurut Hari lagi, selain melibatkan para seniman yang sudah biasa menulis, portal berita: www.wartaseni.com, juga akan mengajak para anggota komunitas seni di Indonesia untuk mengirimkan berita.

"Status publik yang menjadi pengirim berita adalah kontributor atau relawan informasi. Pada tahap awal kami memang belum bisa memberikan honorarium untuk tiap berita yang dikirim. Namun, ke depan kami akan berusaha agar setiap kontributor atau relawan mendapatkan honorariumnya," kata dia lagi.

Beberapa nama seniman 'top' Lampung akan turut menggawangi portal berita tersebut, antara lain Isbedy Stiawan ZS, Iswadi Pratama, Syaiful Irba Tanpaka, Iwan Nurdaya Djafar, Ahmad Yulden Erwin, dan Ari Pahala Hutabarat.

"Kami juga mengundang redaktur tamu dari beberapa daerah di Indonesia. Cita-cita kami adalah menjadikan portal berita ini menjadi rumah bersama bagi para seniman Indonesia, sehingga pada masa mendatang tidak ada lagi seniman yang merasa susah mendapat akses ke media massa," kata Hari lagi.  (ANT/S2)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 31 Desember 2013

No comments:

Post a Comment