February 9, 2007

Sastra: Ari Pahala Baca Puisi

Ari Pahala Hutabarat (Foto: Ubud Witer & Reader Festival 2006)


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Divisi Sastra Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung menampilkan pembacaan puisi oleh Ari Pahala Hutabarat, di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Lampung, Sabtu (9-2) pukul 19.00.

Kegiatan dikemas dengan nama Bilik Jumpa Sastra (BJS) itu juga disertai dengan diskusi mengkaji karya penyair Lampung. BJS telah memasuki bulan ketujuh. Sebelumnya telah tampil penyair: Udo Z Karzi, Isbedy Stiawan ZS, Budi P. Hatees, dan Edy Samudra Kertagama.

Kali ini menampilkan Ari Pahala Hutabarat. Sajak-sajak Ari menarik untuk diapresiasi. Selama ini, karya Ari tersebar di berbagai media lokal dan nasional, seperti Lampung Post, Media Indonesia, Kompas, Koran Tempo, Jurnal Kebudayaan Kalam, dan Trans Sumatera.

Termasuk juga diterbitkan dalam bentuk antologi bersama, di antaranya Daun-Daun Jatuh Tunas Tumbuh (1995), Dari Huma Lada (1996), Menikam Senja Membidik Cakrawala (1997), Pesta Sastra Internasional TUK (2003), Konser Ujung Pulau (2003), Perjamuan Senja (DKJ 2005), Festival Mei (Nalar Institut dan Forum Sastra Bandung).

Saat ini, penyair yang pernah aktif di UKMBS Unila ini bergiat diri di Komunitas Berkat Yakin (KoBER) Lampung sebagai direktur artistik. Sebelumnya, Ari juga pernah membacakan puisi pada acara Panggung Puisi Indonesia Muktahir di Teater Utan Kayu (TUK) Jakarta pada bulan Juni 2003. Pesta Sastra Internasional 2003 juga di TUK, Agustus 2003. Pembacaan puisi di Taman Ismail Marzuki dalam acara Cakrawala Sastra Indonesia, dan terakhir membaca puisi di Bali dalam Ubud Writers and Readers Festival.

Di tempat yang sama, Sabtu (10-2) pukul 19.00, giliran Jaringan Teater Pelajar dan Mahasiswa Lampung menampilkan Teater Nol UKM-SBI IAIN Raden Intan Bandar Lampung. Kelompok teater itu menampilkan "Jam Dinding yang Berdetak", karya Riantiarno dengan sutradara Eko Sutopo. n DWI/K-2

Sumber: Lampung Post, Jumat, 9 Februari 2007

Ari Pahala Hutabarat

Alumni dari FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Lampung (Unila). Beberapa puisinya pernah diterbitkan dalam antologi bersama para penyair Lampung. Sekarang terus bergiat berteater di Komunitas Berkat Yakin (KoBER) sebagai sutradara dan direktur artistik. Telah bermain ataupun menyutradarai lebih kurang 20 pertunjukan teater. Aktif dikegiatan sastra untuk tingkat lokal ataupun nasional, menjadi Ketua komite Sastra, Dewan Kesenian Lampung (DKL). Saat ini, bersama teman-teman di (KoBER) lebih sering menekuni dunia pembelajaran dan kreatifitas seperti workshop penulisan kreatif dan keaktoran. (dari Ubud Writers & Readers Festival 2006)

No comments:

Post a Comment