July 2, 2007

Khazanah: UKM Expo dan Lomba Seni

LIWA--Warga Liwa, Lampung Barat dan sekitarnya antusias mengikuti lomba seni budaya khas Lampung yang digelar bersamaan dengan UKM Expo yang dilaksanakan Yayasan Liwa Mandiri (Yalima) bekerja sama dengan Lampung Post sejak Sabtu--Minggu (30-6 hingga 1-7), di GSG Liwa.

Lomba tiga macam seni budaya khas Lampung, hadrah, mawalan, dan nyambai itu diikuti 60 grup. Lomba hadrah kategori laki juara pertama diraih kelompok Gunung Sugih A (Balik Bukit), Canggu (Batu Brak) di tempat kedua, dan Gunung Sugih B (Balik Bukit) menduduki peringkat ketiga.

Sementara kategori putri juara pertama kelompok Kegeringan (Batubrak).

Kemudian lomba seni budaya nyambai untuk kelompok putra dimenangkan grup Gunung Sugih (Balik Bukit). Lomba mawalan dimenangkan grup Gunung Sugih (Balik Bukit).

Para peraih juara itu mendapatkan piala dan piagam serta sejumlah uang dari panitia. Sementara kategori stan untuk juara pertama dimenangkan stan Sambol Mata, juara kedua Dwi Putri, dan juara ketiga stan Melati. Hadiah tersebut dibagikan pada malam penutupan, Minggu malam.

Sebelumnya, UKM Expo itu dilaksanakan dalam rangka menggali potensi lokal dan mempromosikan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang ada untuk mendukung upaya peningkatkan ekonomi masyarakat usaha kecil dan menengah.

UKM Expo itu digelar bersamaan dengan lomba seni budaya Lampung yang tujuanya adalah untuk memadukan antara keduanya karena keduanya saling keterkaitan dalam perkembanganya terutama untuk menghadapi daerah Lampung Barat salah satu daerah tujuan wisata sebagaimana yang telah diprogramkan pemerintah daerah.

Expo UKM dan lomba seni budaya khas Lampung sebagai wujud kepedulian Yalima terhadap perkembangan UKM. Di bidang seni budaya, tujuannya melestarikan seni budaya agar tetap membudaya karena seni budaya itu selama ini seakan-akan selalu berada di bagian belakang sebab itu perlu dimunculkan agar seni budaya tetap diminati, kata Ketua Pelaksana UKM Expo Neti Eryuna. n ELI/D-1

Sumber: Lampung Post, Senin, 2 Juli 2007

No comments:

Post a Comment