April 22, 2009

Teater: Sutradara Perempuan Unjuk Kebolehan

BANDAR LAMPUNG (Ant/Lampost): Sutradara dan penulis lakon perempuan akan unjuk kebolehan di Taman Budaya Lampung pada 25--29 April mendatang. Sebanyak 10 karya sutradara dan penulis lakon perempuan dari tujuh provinsi di Sumatera itu akan ditampilkan.

"Ini baru pertama kali dan rencananya diselenggarakan setiap tahun. Kami mendapat dukungan dari Hivos, Belanda," kata pimpinan Teater Satu Lampung Iswadi Pratama di Bandar Lampung, Rabu (22-4).

Iswadi Pratama mengatakan provinsi yang siap mengirimkan pesertanya, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Bengkulu, dan Lampung.

Menurut dia, kegiatan itu dikhususkan bagi sutradara dan penulis lakon perempuan karena selama ini banyak potensi kaum perempuan yang tidak tergarap.

"Kalaupun banyak perempuan terlibat dalam teater, lebih pada mengurusi konsumsi dan make up. Padahal dari mereka banyak yang berpotensi," kata dia.

Para peserta sebelumnya mengikuti pelatihan penulisan lakon, sutradara, dan artistik, serta diskusi kesetaraan gender pada November 2008.

"Kami berharap dari pelatihan tersebut muncul sutradara dan penulis lakon perempuan yang andal," kata Iswadi.

Selain penampilan karya peserta, juga diadakan diskusi untuk mengomentari karya-karya tersebut. Dalam diskusi itu akan tampil sejumlah narasumber, seperti Noviani (kurator dari Goethe Institute), Lisa Buana (kritisi film), Faiza Marzuki (aktivis dan seniman teater), dan G.S. Arya Dwipayana (sutradara senior).

Iswadi mengatakan seluruh karya tersebut merupakan karya baru dan kegiatan di Taman Budaya Lampung pada 25--29 April itu terbuka untuk umum. n K-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 23 April 2009

No comments:

Post a Comment