June 20, 2009

Begawi Diharapkan Tarik Wisatawan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Kota Bandar Lampung berharap Begawi tahun 2009 dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Begawi Bandar Lampung yang menjadi salah satu agenda Visit Indonesia Year 2009 tersebut dibuka hari ini (20-6).

Pembukaan Begawi akan dilangsungkan di GOR Saburai pada pukul 13.00. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bandar Lampung Fachruddin, saat dihubungi, Jumat (19-6), mengatakan telah mengundang beberapa kedutaan besar untuk menghadiri Begawi.

Undangan juga sudah disampaikan pada saat kunjungan Dewan Kesenian Bandar Lampung ke Belanda, Mei lalu. Namun, kata Fachruddin, Dispar belum mendapat konfirmasi berapa wisatawan dan kedutaan besar yang akan hadir.

Menurut dia, Begawi Bandar Lampung merupakan salah satu agenda dari tahun kunjungan wisata Lampung 2009. Ada 40 kegiatan di beberapa kabupaten/kota yang masuk dalam agenda Visit Lampung Year 2009. Begawi menjadi salah satu alat promosi wisata di Lampung. "Begawi dan beberapa event wisata lain diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lampung," kata Fachruddin.

Fachruddin mengatakan Pemkot tidak menetapkan target wisatawan dalam Begawi. Begawi menjadi salah satu media promosi wisata untuk menarik para wisatwan.

Kepala Bagian Humas Kota Bandar Lampung Zainuddin mengatakan Begawi Bandar Lampung merupakan salah satu agenda wisata nasional. Kegiatan ini sudah masuk dalam daftar agenda Visit Indonesia Year 2009. Departemen Pariwisata telah mempromosikan Begawi Bandar Lampung ke luar negeri melalui website-nya. Dia berharap agar Begawi dapat menjadi ikon pariwisata di Provinsi Lampung.

Menurut Zainuddin, Begawi Bandar Lampung belum bisa mengimbangi kegiatan budaya di daerah lain, seperti Bali dan Yogyakarta. Pemkot akan terus berusaha untuk merintis agar Begawi dapat meningkatkan minta wisatawan untuk mengunjungi Bandar Lampung.

Atraksi Budaya

Begawi akan dimeriahkan dengan pawai budaya yang akan ditampilkan oleh 13 kecamatan. Budaya yang dipamerkan tidak hanya budaya Lampung, tapi juga budaya Tionghoa dan Jawa. Pawai budaya akan dimulai dari GOR Saburai menuju ke Jalan Majapahit, Jalan Raden Intan, Jalan Jenderal Sudirman.

Fachruddin mengungkapkan dalam Begawi Bandar Lampung akan ditampilkan tari melinting, tari sembah, atraksi barongsai, atraksi reog ponorogo, dan atraksi drumben.

Menurut dia, pembukaan Begawi dijadwakan akan dihadiri Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Iptek Departemen Pariwisata Titin Sukarya.

Pembukaan Begawi dilakukan bersamaan dengan pembukaan Bandar Lampung Expo. Begawi juga akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba lagu pop daerah dan lomba mawalan. Agenda Begawi akan ditutup pada 23 Juni.

Bandar Lampung Expo akan diikuti semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan 13 kecamatan, kelompok pengusaha, serta pedagang kecil. Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan hiburan rakyat seperti komedi putar. Pemkot Bandar Lampung juga menggelar konser Hijau Daun di Bundaran Adipura, Sabtu (20-6), pukul 19.00. Konser band asal Lampung ini gratis untuk semua warga Bandar Lampung. MG2/K-2

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 20 Juni 2009

No comments:

Post a Comment