June 11, 2009

Khazanah Budaya: Dosen Seni AS Terbitkan Buku Tapis

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dosen seni University of Michigan, Amerika Serikat, Mary-Louise Totton, menerbitkan buku sejarah budaya dan tapis Lampung. Buku berjudul Wearing Wealth and Styling Identity Tapis from Lampung, South Sumatra, Indonesia itu kini dipamerkan di Hood Museum of Art, AS, sejak 21 April hingga 31 Agustus 2009.

Peneliti, pengamat, dan perajin tapis lampung, Raswan, mengatakan buku setebal 188 halaman itu diterbitkan University Press of New England. Buku itu hasil riset Mary sebagai sarjana kunjungan Pusat Studi Asia Tenggara di beberapa negara, termasuk Indonesia (Lampung) selama tujuh tahun (2002--2009).

"Ini sangat luar biasa. Kita sendiri saja belum ada yang membuat buku seperti ini. Bukan hanya mengenai tapis lampung, buku ini juga menceritakan kehidupan masyarakat Lampung sejak abad ke-18," kata Raswan di Galeri Tapis Helau, sambil menunjukkan buku yang baru diterimanya dari Mary-Louise, Rabu (10-6).

Raswan mengatakan penelitian Mary akan sejarah, budaya, dan perkembangan tapis lampung dilakukan di Museum Tropenmusium Amsterdam, Belanda. Namun, karena koleksi tapis lampung di Belanda kurang lengkap dan banyak yang belum diberi nama, Mary melakukan riset langsung di Lampung.

Dia meneliti koleksi dan meminta informasi dari peneliti, pengamat, dan perajin di Bandar Lampung. Selain Raswan, Ida Mustika Zaini dan Ansori Djausal juga menjadi narasumber dalam penulisan buku berukuran folio tersebut.

"Kita perlu melakukan riset kembali, tentunya dengan adanya dukungan pemerintah daerah. Mengingat, Mary telah menyetujui penerbitan buku serupa dalam bahasa Indonesia. Bukan kita meniru, melainkan dalam penulisan buku tersebut, kita turut membantu dan informasi yang diberikan belum lengkap. Kita dapat membuat yang lebih lengkap lagi," kata dia.

Bahkan, kata Raswan, sebagai narasumber yang juga peneliti budaya Lampung tahun 1997--1998, pihaknya memang pernah melakukan MoU dengan Mary terkait bantuan pemberian data tentang tapis lampung. MoU waktu itu dilaksanakan di Hotel Sheraton, 12 Agustus 2002. n KIM/P-1

Sumber: Lampung Post, Kamis, 11 Juni 2009

2 comments:

  1. Wah, saya pikir buku ini akan sangat bermanfaat bagi penelitian saya. Bagaimana cara memperoleh buku tersebut? apakah sudah ada di toko2 buku? terimakasih infonya. Kalau memang ada info, tolong sampaikan melalui e-mail fathoni.hukum@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. apakah buku ini dijual ? jika iya tolong hubungi saya ke email ini cqintara@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete