June 24, 2009

Seni Lukis: DKL Undang Perupa Ikuti Pameran

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Lampung (DKL) mengundang para perupa Lampung untuk mengikuti Pameran Lukisan bertajuk Spirit in The Day yang akan digelar pada 6 Agustus mendatang.

Kurator pameran Joko Irianta, dalam rilisnya kepada Lampung Post, Selasa (23-6), mengatakan pameran yang menggunakan proses kuratorial ini memberi kesempatan kepada para perupa Lampung yang berusia di atas 50 tahun untuk ikut berpameran.

"Para perupa yang berminat bisa mengirimkan karyanya dalam bingkai kuratorial Spirit in The Day," kata Joko.

Tema Spirit in The Day sengaja dipilih penyelenggara karena kreativitas dan semangat berkarya para seniman Lampung tidak pernah usai, tetapi terus berkesinambungan.

Lebih lanjut, Joko mengatakan karya yang dipamerkan adalah karya dua dimensi atau karya lukis dan untuk medium (bahan teknik) yang digunakan bebas.

"Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga memberi kesempatan kepada para perupa sepuh yang terus konsiten menggeluti jagat seni rupa. Tetapi tetap tak menafikan kualitas karya dengan adanya seleksi dalam bingkai kuratorial yang kompetitif," ujar Joko.

Meski diperuntukkan perupa senior, tidak tertutup kemungkinan juga untuk para pelaku yang baru terjun ke dunia seni rupa untuk ikut serta dalam pameran ini. Pasalnya, menurut Joko, bisa saja pelaku mulai berkarya ketika usianya sudah lanjut karena disibukkan dengan profesinya.

Joko menambahkan panitia memberi kesempatan kepada para peserta untuk menyetorkan foto karyanya untuk dikurasi hingga tanggal 10 Juli 2009.

Ada pun persyaratan peserta, antara lainnya karya lukis berukuran maksimal 200 x 200 cm dan minimal 70 x 80 cm. Sedangkan untuk karya yang diusulkan, lanjut Joko, dikirim dalam bentuk data digital dalam CD atau dalam bentuk foto ukuran 5 R.

Selain itu, setiap karya dilengkapi data karya, konsep karya, harga karya, biodata, dan foto peserta. "Peserta mengusulkan maksimal empat karya dan minimal dua karya yang dibuat antara tahun 2006--2009," Kata Joko. n ITA/K-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 24 Juni 2009

No comments:

Post a Comment