August 28, 2015

Gubernur Gagas Sail Krakatau

BANDARLAMPUNG,FS — Pemerintah Provinsi Lampung meminta pemerintah pusat menyelenggarakan kegiatan bahari internasional di Lampung dengan nama Sail Krakatau.  Kegiatan tersebut akan membantu program kelautan Lampung yang kini menjadi konsen Pemprov Lampung, yaitu Optimalisasi kekayaan Laut yang dimiliki seperti optimalisasi pariwisata kelautan Lampung.

LEPAS KONTINGEN. Gubernur Lampung M Ridho Ficardo melepas kontingan Saka Bahari Pramuka Lampung untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) dalam rangkaian Sail Teluk Tomini di Sulawesi Tengah di Ruang Abung Balai Keratur Kantor Gubernur Lampung, Kamis (27/8). (GEDE SETIYANA)
"Kalau sekarang kita masih jadi tamu. Ke depan, kita akan jadi tuan rumah. Oleh karena itu buat saka bahari di Lampung untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk penyelenggaran Sail Krakatau ke depan," kata Gubernur Lampung Ridho Ficardo saat melepas kontingen Saka Bahari dari gerakan Pramuka Lampung untuk mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 2015 dalam kegiatan bahari tingkat Internasioanl Sail Teluk Tomini di Sulawesi Tengah.


Ridho mengatakan, kegiatan pelayaran yang akan berlangsung selama 32 hari tersebut bukan lah kegiatan yang mudah ataupun ringan, selain berada dilautan selama kurang lebih satu bulan, kegiatan ini juga menjadi tantangan sendiri buat peserta oleh karena itu perlu persiapan yang matang.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang Provinsi Lampung juga setiap tahunnya ikut serta." Tahun kemarin Lampung mendapat Juara Umum III, harapannya tahun ini bisa ditingkatkan lagi, jangan sampai merusak keturunan yang sebelumnya" kata dia saat memberi sambutan pelepasan, di Ruang Abung,Balai Kratun Komplek Kantor Gubernur Lampung, Kamis (27/8).

Dalam kegiatan yang berskala nasionan tersebut,  menurut dia, menjaga nama baik daerah sangatlah penting jangan sampai terkenal karena ketidak baikannya seperti ketahuan malas atau mencuri karena kegiatan seperti ini akan menjadi pengalaman berharga." Ini akan menjadi pengalaman berharga buat adik adik, jadi jaga nama baik, karena kegiatan ini dapat menambah wawasandan jaringan adik adik sehingga mendapat pelajaran yang pula" ujarnya.

Danlanal Lampung Hardiyana mengatakan kegiatan Pelantara tersebut akan diikuti oleh gerakan pramuka diseluruh Indonesia.Di Lampung sendiri Kontingen dari saka bahari Pramuka diikuti sebanyak 65 peserta dari berbagai sekolah di Lampung." Tidak semua gerakan Pramuka di Lampung Ikut, jadi patut berbangga buat adik adik yang ikut," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan pelayaran selama 32 Hari tersebut akan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Makassar yang akan berangkat dari pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta. (MB)


Sumber: Fajar Sumatera, Jumat, 28 Agustus 2015

No comments:

Post a Comment