October 14, 2009

Gempa Sumbar: Seniman Lampung Galang Dana

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Seniman Lampung akan melakukan long march untuk menggalang dana bagi korban gempa Sumatera Barat, Rabu (14-10), pukul 14.00. Dalam aksinya, para seniman Lampung ini akan menyuguhkan berbagai atraksi kesenian.

"Aksi seniman itu akan diisi performance art sepanjang jalan yang dilalui. Selain itu akan melibatkan abang-abang becak," kata Ketua Pokja Solidaritas Seniman Lampung Helmi Azhari didampingi Wakil Ketua SyaifulIrba Tanpaka.

Dalam rilisnya kepada Lampung Post, Helmi mengatakan rute yang akan dilalui yakni Pasar Seni, Toko Buku Gramedia, Tugu Adipura, Patung Pepadun, dan finish di Kantor Gubernur Lampung.

Helmi mengatakan aksi performance art tersebut akan didukung sejumlah seniman di antaranya Sutanto, Joko Irianta, Dewi, Entus, Bambang Sby, Isbedy Stiawan Z.S., Nyoman Arsana, Iswadi Pratama, Iskandar G.B., Arman A.Z., Fitri Yani, Yus, Nano. Panitia juga akan melibatkan komunitas/sanggar seni, seperti Teater Satu, KoBer, UKMBS Unila, dan sanggar tari yang ada di Pasar Seni.

Dalam aksi solidaritas di jalan itu, para seniman akan meminta sumbangan kepada masyarakat. Hasil dari penggalangan tersebut akan dikirimkan kepada seniman Sumbar yang rumah atau galerinya rusak parah/ringan.

"Fokus kami memang untuk membantu para seniman di sana, terutama rumah dan galeri seni yang rusak," kata Helmi, kepala Taman Budaya Lampung.

Sementara itu, Sekretaris Pokja David mengatakan dari data yang diperoleh, sedikitnya 10 rumah dan galeri seni milik seniman Sumbar rusak parah atau ringan. "Target kami adalah membantu merehab. Siapa lagi yang peduli sesama seniman kalau bukan seniman itu," ujarnya.

David menambahkan puncak penggalangan dana akan dilakukan di rumah dinas Gubernur di Mahan Agung, 5 November mendatang. n */K-2

Sumber: Lampung Post, Rabu, 14 Oktober 2009

1 comment: