October 9, 2009

Gubernur Lampung Minta Mahasiswa Kenalkan Budaya Daerah

BANDUNG, (PRLM).- Gubernur Lampung Sjachroedin ZP meminta mahasiswa Lampung yang menuntut ilmu di provinsi lain untuk mengenalkan budaya daerahnya kepada masyarakat setempat.

"Seni budaya Lampung cukup banyak sehingga perlu dikenalkan kepada daerah lain," kata Sjachroedin usai silaturahmi dengan sejumlah mahasiswa dan masyarakat asal Lampung di Bandung, Jumat (9/10).

Ia menyebutkan, pengenalan seni budaya Lampung perlu dilakukan agar masyarakat dari daerah lain dapat mengetahui dan mengenalnya.

Menurut Sjachroedin , pengenalan seni budaya Lampung oleh mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di provinsi lain kepada masyarakat telah pula dilakukan di beberapa daerah seperti Jakarta dan Yogyakarta.

Pemprov Lampung, katanya , telah memberikan sumbangan peralatan seni budaya kepada mahasiswa Lampung yang tengah belajar di daerah lain. "Pengenalan seni budaya Lampung mendapatkan respons positif dari daerah lain," ujarnya.

Dia mencontohkan pagelaran seni budaya seperti tari Sigeuh Panuten (sembah) dan tari Bedana di Yogyakarta beberapa waktu lalu oleh mahasiswa Lampung mendapatkan respons cukup baik dari masyarakat dan pemerintah daerah disana. Pagelaran itu katanya dihadiri Wakil Gubernur Yogyakarta Sri Paku Alam IX.

Pengenalan seni budaya Lampung, menurut Gubernur Lampung, akan terus dilakukan. "Tidak hanya di dalam negeri di luar negeri pun seni budaya Lampung digelar," kata dia pula.

Sjachroedin menjelaskan, anjungan Lampung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah beberapa kali menggelar pementasan seni budaya daerah itu. Di luar negeri, pementasan seni budaya Lampung juga pernah digelar seperti di Malaysia beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pada acara silaturahmi Gubernur Lampung dengan mahasiswa dan masyarakat Lampung di Bandung Jawa Barat berlangsung di Graha Bhayangkara.

Rombongan Gubernur Lampung yang hadir pada acara itu diantaranya Sekda Lampung Irham Djafar Lan Putra, Kadis Kominfo Sututo, Kepala BKD Helmi Arsyad, Kabiro Umum Untung, Wakil Walikota Bandarlampung Kherlani dan sejumlah pejabat Pemprov Lampung lainnya.

Pada Jumat (9/10) sekitar pukul 13.00 WIB, Gubernur Lampung beserta rombongan kembali mengelar silaturahmi dengan sejumlah purnawirawan Polri dan mantan Kapolda Jabar di Graha Bhayangkara. (A-120)

Sumber: Pikiran Rakyat, Jumat, 9 Oktober 2009

No comments:

Post a Comment