January 11, 2011

Kober Gelar Lokakarya dan Pentas Teater Mikro

KOTABUMI (Lampos): Komunitas Berkat Yakin (Kober) kembali menggelar lokakarya dan pementasan teater mikro bekerja sama dengan Sangkar Mahmud STKIP Muhammadiyah Kotabumi, Senin (10-11).

Kober mementaskan tiga nomor pertunjukkan mikro, yaitu Bara di Hamparan Salju karya Oesman Saadi hasil adaptasi Iswadi Pratama, yang dibawakan Kiki Rahmatika. Kemudian Merdeka karya Putu Wijaya yang dibawakan Ahmad Tohamudin. Karya terakhir ialah Kehendak untuk Menjadi Hening karya Ari Pahala Hutabarat yang dibawakan Arya Winanda.

Koordinator Pendidikan dan Pelatihan Yulizar Fadli mengatakan tujuan kegiatan itu agar teater semakin memasyarakat dan sekaligus untuk menggairahkan dunia teater di berbagai daerah di Lampung.

Menurut dia, teater bukan hanya bisa ditonton di Taman Budaya Lampung saja, tapi bisa dipentaskan di mana saja.

"Gairah inilah yang mencoba ditularkan Komunitas Berkat Yakin kepada kelompok teater lain. Selain sebagai ajang silaturahmi dan membangun jaringan teater Lampung yang belum dikelola dengan baik," kata dia.

Menurut dia, teater mikro, sesuai dengan sebutannya, di dalamnya terhimpun struktur (pertunjukan) yang terukur, menyederhanakan yang tidak sederhana, dan bermutu.

Sedangkan untuk lokakarya keaktoran, Iskandar G.B. dan Yulizar Fadli akan turun sebagai fasilitator. "Saya akan terus teringat pada pesan wakil ketua Kober dalam menyemangati saya untuk tidak berhenti menggelar workshop ini. Kita boleh merasa lelah, tapi sama sekali tak boleh menyerah," kata dia. (RLS/D-3)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 11 Januari 2011

No comments:

Post a Comment