January 13, 2013

Penerbangan Perdana Krui Lampung-Jakarta Direncanakan Maret

BANDAR LAMPUNG -- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung akan mengkaji secepatnya harga tiket pesawat Susi Air jurusan Krui, Lampung-Jakarta sehubungan penerbangan perdana yang diharapkan paling lambat awal Maret 2013.

"Tarif yang akan dikenakan untuk rute Jakarta-Krui belum ada kesepakatan. Namun untuk harga tiket dari Bandara Fatmawati, Bengkulu-Bandara Seray, Krui telah disepakati Rp297.000/orang," kata Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri, melalui Kabag Humas dan Protokol, Burlianto Eka Putra, di Liwa, Lampung Barat, saat dihubungi dari Bandarlampung, Minggu.


Adapun tiket dari Bandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan-Bandara Seray, Krui telah disepakati Rp320.000/orang.

Kesepakatan itu, menurut Burlianto, dicapai di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (12/1), antara Bupati Mukhlis Basri dengan Presiden Direktur Susi Air, Susi Pudjiastuti.

"Bupati meminta rencana kerjasama penerbangan Jakarta-Krui segera dikirim oleh pihak Susi Air supaya bisa ditindaklanjuti secepatnya," katanya lagi.

Kunjungan ke perusahaan penerbangan Susi Air, ujar Burlianto, ialah dalam rangka memenuhi undangan tindak lanjut kerjasama antara Pemkab Lambar dengan pihak perusahaan untuk membahas jadwal penerbangan serta tarif biaya yang akan dikenakan di Bandara Seray, Krui.

Presiden Direktur Susi Air, Susi Pudjiastuti saat kunjungan itu, kata Kabag Humas dan Protokol itu pula, mengutarakan rencana jadwal penerbangan akan dilakukan selama empat hari, yakni Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat dengan rute penerbangan Jakarta-Krui dan sebaliknya.

"Sedangkan untuk penerbangan perintis dengan rute Krui-Bengkulu, Krui-Natar, Lampung Selatan hanya dijadwalkan dua kali dalam seminggu, yaitu Selasa dan Kamis saja," katanya.

Selain dirinya, ikut mendampingi bupati pada kunjungan itu Ketua DPRD Lampung Barat, Dadang Sumpena, Kapolres Lampung Barat, AKBP Abdul Karim Tarigan, Sekdakab Nirlan, Asisten II Gunawan Rasyid.

Kemudian Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD), Adi Utama, Kepala Bappeda Sudarto, Kepala Dinas Perhubungan Syaikudin, Kepala Dinas Pariwisata Ujang Misron, dan Staf Khusus Bupati Oking Ganda Miharja.

Pesawat yang akan disiapkan pihak Susi Air untuk penerbangan itu, adalah tipe Cessna C208B Grand Caravan yang berkapasitas 12 penumpang, Payload: 1.100 kg (untuk penerbangan 2,5 jam, dengan cadangan dua jam, 750 km kisaran), Max fuel payloat : 800 kg (dengan tujuh jam penerbangan daya tahan, 1.500 km maksimum),  minimum landasan pacu , permukaan apapun (rumput, tanah, coral, beraspal).

Pesawat tersebut telah terbukti handal dalam operasi di area terpencil dengan mesin turbin yang kuat dan dapat diandalkan untuk operasi lapangan pendek.

Jarak tempuh Krui-Jakarta dengan menggunakan pesawat tersebut lebih kurang satu jam 45 menit.

"Bupati menyambut baik dengan terjadwalnya rute penerbangan Susi Air di Bandara Seray sehubungan akan membuka semua akses potensi yang ada di daerah," kata Burlianto.

Dengan adanya jalur penerbangan hampir setiap hari juga, kata dia lagi, akan banyak kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing yang menggemari surfing datang di pantai yang ada di daerah yang berbatasan dengan Bengkulu itu.

"Selain itu akan mempermudah jalur evakuasi bila terjadi bencana alam,  dengan demikian pemerintah daerah akan bersiap untuk bekerja sama dengan pihak Susi Air karena menguntungkan bagi kedua belah pihak," kata dia.

Bupati Mukhlis Basri yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat sangat percaya bahwa pihak Susi Air akan melakukan pelayanan yang terbaik karena perusahaan itu telah berdiri semenjak tahun 2004 dan telah mempunyai total armada sebanyak 46 pesawat dari beberapa tipe yang berada di Sumatera, Jawa, Kupang (NTT), Kalimantan, dan Papua.

"Uji coba penerbangan dari Jakarta- Seray sudah dilakukan sejak September 2011, mudah-mudahan Maret bisa dilaksanakan penerbangan perdana," kata dia.

Sumber: Antara, Minggu, 13 Januari 2013

No comments:

Post a Comment