January 11, 2013

Tari Batin untuk Para Turis

KERAJAAN Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung mempersiapkan sejumlah pertunjukan seperti tari "batin" guna menyambut ratusan turis dari luar negeri yang akan mengunjungi Gedung Dalom/Keraton kerajaan tersebut.

Bujang dan gadis Lampung sedang membawakan tari daerah. (Foto ANTARA/M.Tohamaksun)
        
Juru Bicara Gedung Dalom Kepaksian Pernong Seem R Canggu gelar Raja Duta Perbangsa, mengatakan, tari itu  akan dimainkan saat wisatawan dari Amerika, Kanada, Jerman dan lain sebagainya tiba di Gedung Dalom.
        

"Tarian tersebut merupakan pusaka lama milik Kerajaan Sekala Brak kuno yang dilestarikan hingga saat ini, sebuah tarian yang biasa digelar untuk menyambut tamu-tamu kehormatan Saibatin Peniakan Dalom Beliau (SPDB)," kata Seem menjelaskan.
        
Kehadiran turis dari luar negeri itu, ujar dia melanjutkan, juga akan disambut dengan prosesi adat yang biasa digelar oleh komunitas Kepaksian Pernong setingkat Raja Suku.
        
Ia lalu menambahkan, tanggal kunjungan turis mancanegara tersebut sama seperti kedatangan wisatawan dari luar negeri pada tahun 2011, yakni 16 Januari.
        
"Setelah pada tanggal 16 Januari 2011 sebanyak 157 wisman berkunjung ke Gedung Dalom, direncanakan pada tanggal 16 Januari 2013, ratusan turis yang menggunakan kapal pesiar MV Clipper Odyssey akan kembali berkunjung kemari," ujarnya lagi.
        
Menurut dia pula, Dalom Putri Regina Nareswari Firuzzaurahma yang merupakan putri dari Paduka Yang Mulia Pangeran Edward Syah Pernong gelar Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-XXIII didampingi oleh Perdana Menteri Kepaksian Pernong Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Brigjen Polisi Ike Edwin gelar Batin Gusti Mangku Negara akan menyambut kedatangan turis itu dan mengajak mereka ke ruang Margasana.
        
"Dalom Putri selanjutnya akan memaparkan tentang eksistensi dari Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak serta adat Kesaibatinan sebagaimana yang pernah dipaparkan oleh beliau di Swiss tahun 2010 di hadapan utusan Universitas terkemuka sedunia," katanya lagi.
        
Setelah itu, demikian Seem R Canggu gelar Raja Duta Perbangsa menambahkan, rombongan turis itu akan menyaksikan beberapa jenis kesenian yang akan ditampilkan oleh tim kesenian kerajaan serta beberapa kerajinan seperti pembuatan tapis, anyam-anyaman dan sekura (topeng).
        
Untuk diketahui, Sekala Brak adalah sebuah kerajaan yang terletak di dataran tinggi Sekala Brak di kaki Gunung Pesagi yang merupakan gunung tertinggi di Lampung atau di sebelah selatan Danau Ranau yang secara administratif berada di Kabupaten Lampung Barat.Lampung.

Sumber: Antara, Jumat, 11 Januari 2013 10:22 WIB

No comments:

Post a Comment