November 20, 2009

Liga Teater SLTA: SMAN 9 Sabet 5 Penghargaan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Teater Kolastra SMAN 9 Bandar Lampung mendapat lima penghargaan dari 10 kategori penghargaan dalam Liga Teater SMA se-Lampung 2009. Kegiatan diadakan 12--19 November 2009.

GRUP TEATER TERBAIK. Anggota Teater Kolastra dari SMAN 9 Bandar Lampung meluapkan kegembiraannya usai terpilih sebagai Grup Terbaik dalam Liga Teater SLTA 2009 se-Provinsi Lampung di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Lampung Kamis (19-11). (LAMPUNG POST/M. REZA)

Lima penghargaan tersebut yaitu, Grup Terbaik, Penata Rias dan Busana Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Artistik Terbaik, serta Aktris Pembantu Terbaik.

Selain lima kategori tersebut terdapat juga kategori lain, yaitu. Sutradara Terbaik yang diraih oleh Teater Insyaallah (SMA Perintis 2); Grup Favorit diraih oleh Teater Lintang Sri Bawono; Aktor Terbaik (Teater Pelopor SMA Perintis 1); Aktris Terbaik (Teater 4 SMA 4 Kotabumi); dan Aktor Pembantu Terbaik (Teater 4 SMA 4 Kotabumi).

Yani Mae, salah satu juri, mengatakan penampilan para peserta Liga Teater tahun ini sudah lebih meningkat dibanding tahun lalu. "Ada beberapa yang sudah bisa menginterpretasikan naskah dengan bagus," kata dia.

Berkaitan dengan pemilihan grup terbaik, Yani mengatakan hal tersebut tidaklah terlalu penting, karena bukan berdasarkan baik atau buruknya suatu grup. Melainkan grup mana yang lebih bisa memenuhi kriteria penilaian dari para juri.

Untuk itu, Yani mengingatkan hal yang lebih penting adalah kecintaan para peserta terhadap dunia teater sudah berani ditunjukan dalam penampilan suatu grup tersebut. "Soal kalah menang itu bukan masalah. Ilmu dan pengalaman adalah yang utama."

Oyos Saroso yang juga menjadi juri mengatakan penampilan para peserta sudah lumayan bagus. "Bahkan saya lihat, ada beberapa grup yang permainannya sudah lebih bagus dibandingkan para peserta Lomba Teater Remaja Jakarta," kata dia. n MG13/K-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 20 November 2009

No comments:

Post a Comment