November 16, 2009

Pariwisata: Hari Ini, Festival Teluk Semaka Dibuka

KOTAAGUNG (Lampost): Pemkab Tanggamus kembali menggelar kegiatan Festival Teluk Semaka, di Lapangan Merdeka, Kotaagung. Kegiatan untuk kedua kalinya sejak tahun 2008 ini, merupakan ajang promosi budaya dan pariwisata Bumi Begawi Jejama, dan rencananya akan dibuka Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., hari ini (16-11).

Prosesi pembukaan Festival Teluk Semaka yang dirangkai dengan kegiatan sakral ruwat laut para nelayan Teluk Semaka. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanggamus, Ahmad Syafe'i, kepada Lampung Post mengatakan Festival Teluk Semaka II yang akan diselenggarakan Pemkab Tanggamus bertujuan mempromosikan khazanah budaya dan pariwisata yang ada di daerah yang dijuluki Bumi Begawi Jejama ini.

Selain itu, sekaligus dalam mempromosikan tahun kunjungan wisata Kabupaten Tanggamus 2010 atau Visit Tanggamus Years 2010. "Kegiatan ini juga dalam upaya menggali potensi pariwisata dan budaya, serta adat-istiadat yang adiluhung. Di mana, selama ini sudah mulai terkikis akibat modernisasi dan sudah mulai dilupakan masyarakat kita," kata Syafe'i.

Mulai 16--20 November, kata dia, masyarakat luas akan diberi informasi dan diperkenalkan sejumlah objek wisata di Kabupaten Tanggamus, baik melalui darat, laut maupun udara melalu kegiatan paramotor. Selain itu, juga digelar sejumlah perlombaan, di antaranya lomba memancing, lomba lagu pop daerah, lomba gambus tunggal, lomba tari kreasi, lomba pantun, dan upacara ngumbai laut (ruat laut), dan seminar bedah budaya.

"Pada acara pembukaannya juga, akan disuguhkan kreasi budaya, seperti tari budaya, atraksi para layang, dan parade pawai budaya," ujar dia.

Syafe'i menambahkan untuk acara pembukaan akan dilangsungkan di Lapangan Merdeka, Kecamatan Kotaagung, sementara untuk perlombaan yang akan diadakan, pesertanya berasal dari perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus. Perlombaan juga akan diselengarakan di Dermaga II Pantai Laut, Islamic Center, dan Lapangan Merdeka. n UTI/D-3

Sumber: Lampung Post, Senin, 16 November 2009

No comments:

Post a Comment