February 1, 2013

Buku Jurnalisme Perdamaian Konflik Lampung Diluncurkan

Oleh Yulvianus Harjono

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -- Buku Merajut Jurnalisme Perdamaian yang berkisah tentang konflik horizontal di Lampung Selatan akan diluncurkan, Minggu (3/2/2013). Peluncuran buku garapan bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung, penerbit Indepth Publishing dan sejumlah jurnalis serta akademisi di Lampung ini akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Toko Buku Fajar Agung, Bandar Lampung.

Managing Director Indepth Publishing Tri Purna Jaya mengatakan, dalam peluncuran buku ini akan diadakan pula diskusi bertema "Damai Lampung Sepanjang Hari" yang rencananya menghadirkan Eko Maryadi (Ketua AJI Indonesia), Djadjat Sudradjat (Wakil Pemimpin Umum Harian Lampung Post) dan Hartoyo (sosiolog Universitas Lampung).


"Peluncuran buku ini akan diselingi pemutaran video testimoni dan dukungan dari kawan-kawan di berbagai negara. Kami mendapatkan dukungan dan apresiasi dari kawan-kawan di Belanda, Amerika Serikat, Perancis, dan Timor Leste," ungkap Tri, Jumat (1/2/2013).

Buku setebal 222 halaman yang dijual Rp 50.000 per eksemplar itu merupakan hasil kolaborasi jurnalis, akademisi, dan budayawan di Lampung. Buku ini merupakan antologi tulisan dan analisa mereka tentang konflik horizontal di Lampung Selatan.

Ketua AJI Bandar Lampung Wakos Reza Gautama berharap buku tersebut akan memberi manfaat bagi proses perdamaian di Lampung. Hasil penjualan buku akan disumbangkan bagi proses perdamaian di Lampung Selatan, daerah yang dilanda konflik komunal, tahun lalu.

Sumber: Kompas.com, Jumat, 1 Februari 2013

No comments:

Post a Comment