February 22, 2010

Gitar Klasik dan Lagu Lampung

Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Unila membawakan lagu-lagu klasik Lampung dalam Pembukaan Bilik Jumpa Seniman-Mahasiswa (Bijusa) di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unila, Sabtu (20-2) malam. Diskusi mengangkat tema Merangkul Penikmat dan Peminat Karya Seni di Lampung dengan nara sumber Manajemen Teater Satu Imas Sobariah, sastrawan Asaroeddin Malik Zulqornain Ch., dan perupa Joko Irianta. (LAMPUNG POST/M. REZA)

2 comments:

  1. buat rekan rekan di mahasiswa pecinta clasik seni lampung asli ,perkenalkan nama saya ARIE ILPANDA mahasiswa STKIP MUHAMMADIYAH KOTABUMI LAMPUNG UTARA siap membantu dibidang seni klasik lampung bagian gitar...karna saya pecinta klasik lampung dan gitaris di sanggar budayo agung kec.abung timur lampung utara..no hp 087898707940.saya murid dari USMAN AHMAD(alm) duta seni klasik lampung.di bidang gitar klasik sudah spenuhnya memahami beberapa petikan asli klasik lampung.saya harap mari kita bersama2 memajukan ksenian provinsi lampung tercinta.

    ReplyDelete
  2. banyak sekarang muncul sanggar sanggar yg menamakan sanggar klasik asli lampung namun nyatanya mash bnyak yg blm memahami arti klasik yg sesungguhnya,,bahkan ironisnya petikan asli lampung telah di rubah dan tidah seperti aslinya lagi bahkan sudah ada petikan2 baru yang dibuat oknum tertentu yg tidak bertanggung jawab mengatasnamakan orang lampung dengan membuat petikan klasik yang mereka beri nama petikan asli lampung padahal yg asli petikan gitar klasik lampung itu sudah di wariskan oleh nenek moyang kita dari dlu dan sekarang kita yg tinggal bagaimana melestarikan dan menjaga ke aslian-nya agar tetap asli..contoh nama-nama petikan asli klasik lampung adl:
    1.satu keris
    2.dua keris
    3.hawaian
    4.krocong pandan
    5.gulung-gulung
    6.pal-G
    7.stambul naturil
    8.las bas
    9.cakdung
    10.tigo serangkai
    11.bulung bettung
    12.kembang kacang
    13.stambul duwo
    14.PAL
    ke 14 petikan di atas adl asli petikan dari daerah lampung.dan mash bnyak petikan kreasi yg saya kuasai diluar asli petikan dasar ini...
    mari kiranya kita bersama menjaga kelestarian klasik lampung asli kita agar tidak punah apa lagi minat pemuda pemudi lampung sekarang sudah hampir punah yg ingin mempelajari adat khusus nya ksenian prov.kita ini lampung khususnya.

    ReplyDelete