August 21, 2007

Tari: Lima Nuansa dalam Lampung Art Festival

DEWAN Kesenian Lampung, Ikatan Keluarga Pasar Seni, dan Rain Art Production akan menggelar pertunjukan tari kontemporer bertajuk Nuansa Lima dalam gelaran Lampung Arts Festival yang akan digelar di panggung terbuka Pasar Seni Enggal, 28 Agustus 2007 yang akan datang.

Ahmad Barden Mogni dari Rain Art Production mengemukakan hal tersebut saat ditemui di sekretraiatannya, Senin (20-8). Dia mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-62 tahun dan juga gelaran Festival Krakatau.

"Gelaran ini akan menampilkan parade tarian kontemporer hasil dari kreativitas para koreografer muda Pasar Seni Enggal Bandar Lampung. Di antaranya adalah Kemas Abdulah Helmi dan Agus Gunawan dari Sangisu, Joni Effendi dari Sanggar Bunga Mayang, Muhhamad Aris dari Kayu Hara, dan saya dari Sanggar Radin Intan," kata Ahmad.

Dia mengatakan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, kondisi kesenian Lampung sepi akan gerak tari kontemporer. "Untuk itu kami mencoba mengembalikan kehidupan pentas tari kontemporer yang ada di Lampung."

Di sisi lain, kata Ahmad, perkembangan tari kontemporer di Lampung sangat tertinggal. Padahal, kata dia, potensi yang dimiliki koreografer muda asal Lampung sangat besar.

"Untuk itulah kami usai pertrunjukan kali ini akan mengangendakan berbagai pertunjukan tari kontemporer lagi ke depannya," ujarnya.

Lewat pergelaran Nuansa Lima itu, Ahmad berharap muncul karya-karya koreografer muda lainnya. "Harapannya, koreografer asal Lampung bisa menyejajarkan diri dengan para koreografer nasional bahkan dunia internasional," ujarnya. n TYO/M-2

Sumber: Lampung Post, Selasa, 21 Agustus 2007

No comments:

Post a Comment