April 9, 2008

Karya Tulis: Lomba Menulis Surat kepada Calon Gubernur

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelompok Belajar Kebudayaan (Kebuayan) Lampung menggelar lomba menulis surat kepada calon gubernur Lampung dalam bahasa Lampung. Lomba untuk siswa SMP yang belum memiliki hak pilih. Mereka harus memberi masukan apa yang harus dilakukan gubernur setelah terpilih.

Peserta sudah dapat mengirimkan karyanya mulai sekarang hingga 1 Juni 2008. Pada 10 Juni, panitia mengumumkan pemenang lomba. Karya peserta dapat dikirim ke Yayasan Sekolah Kebudayaan Lampung (SKL) di kompleks Gelora Persada Blok A-1 No. 9 Rajabasa, Bandar Lampung. Atau dapat juga dikirim ke e-mail: kebuayan.lampung@yahoo.com.

Ketua Panitia Lomba Okky Sanjaya mengatakan panitia menyediakan hadiah senilai total Rp2,25 juta untuk tiga pemenang; Rp1 juta untuk juara I, Rp750 ribu (II), dan Rp500 ribu (III). Setiap juara juga akan mendapat piagam penghargaan. "Pemenang diundang dalam acara penyerahan hadiah sekaligus diminta membacakan surat masing-masing," kata Okky yang juga mahasiswa FKIP Universitas Lampung, Senin (7-4).

Persyaratan lain, peserta yang mengikuti lomba harus menyertakan fotokopi kartu tanda pelajar atau surat keterangan yang dibuat sekolah masing-masing. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu surat dan karya sendiri. "Tidak dilarang kalau peserta ingin berdiskusi lebih dahulu dengan rekan-rekan atau para guru untuk menentukan tema yang akan dijadikan surat," kata dia.

Menurut dia, surat tersebut boleh berbicara apa saja terkait kepentingan masyarakat Lampung, baik ekonomi, politik, sosial, budaya, keamanan, maupun hukum.

Peserta harus mengaitkan persoalan yang dibicarakan dengan sosok calon gubernur Lampung tertentu dan menyimpulkan bagaimana seharusnya calon gubernur Lampung itu memainkan peran kalau nanti terpilih. "Sengaja kami memilih peserta siswa SMP. Mereka sering tidak diperhitungkan dalam hiruk-pikuk Pemilihan Gubernur Lampung akhir-akhr ini, padahal mereka generasi muda yang kelak menentukan siapa yang jadi pemimpin di provinsi ini," kata dia. n AAN/K-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 9 April 2008

No comments:

Post a Comment